MARI BELAJAR MENJADI MANAJER BAND!!!


Salam Musik!!!

            Dibalik kesuksesan sebuah band (terkenal dan kaya maksudnya!!!), ada sekelompok pendukung band tersebut yang juga menjadi salah satu bagian penting dalam meraih kesuksesan. Adalah manajemen band (management band, inggrisnya!). Kok bisa? Mari kita belajar bersama!!!

            Apa itu manajemen band? Adalah sebuah organisasi yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan band, seperti kontak artis, promosi artis, equipment artis, dll. Manajemen Band dapat disebut sebagai organisasi karena didalamnya terdapat susunan/ hierarki jabatan atau job deskripsi tertentu pada setiap orang yang bergabung dalam manajemen tersebut. Adapun beberapa susunan jabatan dan Job Deskripsinya adalah:

  1. Head Manajer : Orang yang bertugas merancang, mengatur, dan melaksanakan rencana ke depan sebuah band, dan bertanggung jawab terhadap band tersebut.
  2. Road Manajer : Orang yang bertugas membantu head manajer, mengatur ketika berada di lapangan / sebuah event.dan bertanggung jawab terhadap kelancaran dan kebutuhan artis ketika melakukan sebuah pentas.
  3. Stage Manager : Orang yang mengatur segala sesuatu kebutuhan artis ketika akan pentas di panggung, dan juga bertanggung jawab pada kelancaran jalannya pentas artis dipanggung dan dibantu oleh crew equipment.
  4. Crew Equipment : Orang yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu peralatan yang digunakan oleh player band, jumlah crew tergantung banyaknya equipment yang digunakan artis.
  5. Sound Engginer : Orang yang bertugas mengatur harmonisasi sound system yang dihasilkan oleh band pada sound out panggung, maupun sound out utama. Sound engginer standartnya ada dua yaitu sound system panggung, dan sound system utama.
  6. Dokumentasi : Orang yang bertanggung terhadap dokumentasi band.

Susunan diatas merupakan adalah susunan minimal dari sebuah manajemen band. Susunan akan bertambah jika intensitas manggung band semakin tinggi dan semakin terkenal, dan juga job deskripsi juga semakin banyak.

 Dalam sebuah manajemen, Head Manajer atau manajer utama atau orang bisa menyebut dengan manajer thok, menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap kemajuan artis. Kemajuan artist tidak hanya diukur dengan banyaknya band manggung, namun salah satunya juga diukur dengan dikenalnya band melalui berbagai bentuk promosi, seperti dalam bentuk profil band, Video Profile, stiker, poster, friendster, website,dll.

Menjadi seorang manajer tidaklah sulit, asalkan mau belajar, belajar melalui buku maupun teman. Seorang manajer gak harus kaya, punya banyak kenalan, namun sikap sosial dari manajer band mutlak diperlukan. Tulisan diatas mungkin hanya bisa menjadi pembuka bayangan tentang manajemen band, untuk selanjutnya mari belajar menjadi manajer band!!!

Hasil eksplorasu dari diskusi dengan temen-temen manajer band di Jogja, dan dari buku “Making Music Your Business” Panduan memasuki Bisnis Musik karya David Ellefson.

 Di dukung oleh Jam Tangan CasioJam Tangan Seiko

83 thoughts on “MARI BELAJAR MENJADI MANAJER BAND!!!”

  1. maaf mas faiz saya belum bikin website jd kalo boleh saya pingin tahu sebagai manager band permainan fee-nya dengan anak band standarnya berapa soalnya saya punya saudara personiel dari salah satu group band tapi pada saat pembagian ga jelas jd aturan mainnya gimana sich kalo dengan manager bandnya,layaknya gitu saya jd kesel dan kasian…………

    maaf ya mas….!

    thnk’s

  2. Thank izul dah nanya, sepengetahuan saya dari buku dan informasi lainnya…fee manager band adalah 10%-20% dari Fee Kotor band sekali main. yang 80% nantinya akan dikurangi lagi untuk biaya lain-lain, kayak bayar crew,dll. Setelah itu sisanya baru dikasih dan dibagi pada personel bandnya sesuai dengan perjanjian awal, jadi kayak kamu dapat 10% dari sisa tadi, yang lain berapa gitu deh!
    itu untuk profesionalnya, tapi kalo masih buat having fun doang biasanya kesepakatan bersama aja…tapi biasanya untuk manager ya segitu deh…

    BTW,izul,kalo masukin email jangan punya ku dong…pake punya kamu pribadi…jadi mungkin aku bisa bales pertanyaan kamu via email ke kamu…kan juga belum tentu kamu balik ke blog ini untuk liat jawabanku…

    thanks

  3. Makasih dah baca dan dah bertanya…menjadi manager itu sebuah proses kok bro..dan baik atau tidaknya itu relatif dulu….aku punya recommended buku untuk dibaca “Making Music Your Business” Panduan memasuki Bisnis Musik karya David Ellefson.
    Buku ini juga batu loncatan aku menjadi seorang manager band…walaupun kadang ada soul “Ahmad Dhani” a.k.a otoriter didiriku tapi itu untuk kemajuan band..jadi sebenarnya permasalahannya adalah pendekatan dengan bandnnya…jadi step by step..aja…pelan tapi pasti

  4. “URGENT ” Sebelumya perkenalan dulu ya mas…sya salah sau personel di band sya, kebetulan band kami saat ini udah kontrak dengan major label dan kita udah rekaman 10 lagu dan 1 single lagu yang hari ini bru beres preview video clip nya, sayang`a kita lom punya manajer & road manajer, untuk crew & sound engginer kita udah ada orangnya, mohon bantuannya dari mas untuk rekomendasikan seorang manajer or road manajer yang telah berpengalaman or kompeten di bidangnya bwat ngurusin (bukan ngurusin badan anak band`a ya mas hehe, klu bisa dibikin gemuk coz pada kurus hehe)..klu ada mohon email ke shidoe_ridz@yahoo.co.id.TenkQ

  5. salam kenal mas….
    mas sepupu saya produser sebuah band nah berdasarkan hubungan saudara n kedekatan dia meminta saya memanage band yang dia sponsori, pertanyaan saya apa hal tersebut sehat? saya sendiri belum komunikasi secara personal dengan anggota band apa kah mereka menerima saya dengan tangan terbuka atau terpaksa karena saya adalah keluarga produser mereka….
    o ya mas saya boleh minta contoh surat perjanjian antara manager dengan band.

    terimakasih banyak mas

    anollesmana@yahoo.co.id

  6. Makasih udah mengunjungi blog saya pak wahtu,

    Untuk awal pasti latihan pak wahyu,kalo misalnya dirasa ketika mereka maen sudah dapat soulnya, baru ditandingkan di berbagai festival, kalo anak-anak kan biasanya banyak nilai plusnya dana gampang dijual juga. Dan jangan lupa untuk mempublikasikan di media juga. Setelah itu baru dijual diberbagai event. sekarang kan event2 untuk anak2 kan semakin banyak. Bila perlu coba ditawarkan ke televisi, sekarang kan ada acara IDOLA CILIK kan?!…
    kalo untuk management sih standart, dan jangan lupa yang wajib…gimana comment orang tua mereka dengan kegiatan band ini..itu yang paling penting..sepele namun bisa menghancurkan keberlangsungan band…:)

  7. Edan…kapan bisa ketemuan mas??…turut belajar & brainstroming ni..ha2…

    Salam

    BONI AJI – Managing Director
    Neo Musikindo & Managerartist.com
    081760810008
    021-32930284

  8. halo mas,saya handle beberapa band dari beberapa genre..aga kesulitan juga nih cari gigs atau event…gimana cara yang tepat untuk menawarkan band-band tersebut kepada E.O atau di event-event lain.ga perlu gigs yang bagus yang penting main dan dibayar”relativ”fee nya..haha..trima kasih mas..low end manajemen,haha 0817207756

  9. bro,langkah pertama untuk menjadi manajer apa?terutama tentang cara mempromosikan band
    trus apa mesti membiayai semua keperluan band, ex: biaya latihan, etc
    bls ke e-mail ja ya bro…:)

  10. Hai…hai…ms fais
    seneng banget deh ada artikel ini.Aku kan punya kenalan baru anak band,tiba-tiba dia minta aku menjadi manajer’na, padahal ku bener2 blank, n aku juga ga tau personil2nya.N mereka tuh ternyata udah buat launching mini album lagi, nyaliku jadi nyiut nie…kalau masalah ngomong mungkin aku bisa…tapi ku kan ga tau cara promosinya gitu, n kemana aku promosi. Bisa kasih refrensi ga?

  11. mas..
    dari maren neyh nyari forum beginian..
    baru ketemu deyh..
    ku kan baru neyh jad manager band na pacar ku..
    menurut mas kira2 dampak yang mungkin terjadi antara aku..pacar ku n personil laen nya gimana?
    trus aku mesti gmn?
    klo basecamp tu perlu gag?
    n jelasin donk tentang fee kebutuhan band..sebenernya biaya nya dari manager atau dari personil??
    sorry kalo kebanyakan nanya..
    thanks ya mas…
    eh..jawabnya ke email ku aja ya..
    freaksbram@yahoo.com

  12. Mas, salam kenal…

    Saya baru mau mulai melangkah jadi manajer band. Band saya juga baru tahap kirim-kirim demo. Pengalaman saya nol, pengalaman band saya juga nol di industri musik.

    Yang saya butuhkan, masukan dari mas. Bagaimana dan kemana saya harus menuju, agar band saya bisa rekaman dan punya album? Apa yang saya harus lakukan jika plan A, yakni demo ke label-label ditolak? Bagaimana membuka jaringan dan meyakinkan orang bahwa band saya menjanjikan

    Tolong balasannya. Makasih

  13. mas , tolong jawab pertanyaan saya .
    hampirr sama kok kaya mbak atau mas TUUUUUTTTT (di atas )
    gimana cara biar jadi seorang PEMULA manager band yang baik ? apa yang harus pertama dilakukan ?

    jawaban ke email saya ya . THXXX BGTTTTT

  14. Thx tulisannya, ini yg kucari!

    salam kenal mas.

    mo nanya nich, aku udh berulangkali bikin band…& kelanjutannya pasti gitu2 udh gk ada job pergi sendiri2, kdng masing2 dpt job comot player sana sini, jadinya bandnya selalu kurang greget! trus skrg aku bkin lagi dr awal…maksudku mau pake manajer gitu biar jelas mengenai job, pembagian fee, unek2 masing2 personil, & aturan2 pemain dsb. tolong mas kashi masukan ya. apa yg harus kulakukan krn klo skrng sih job masih kecil2an, tp aku coba merintisnya mulai skrg. thx sebelumnya

  15. mas….boleh juga tuch ilmu jadi manager..kebetulan aku baru aja me manager_i 1 band indie.. mohon bantuannya mas bagaimana utk proses awal sampe akhir nya band ini berhasil..
    udah ada sih label yg nawarin…tp aku masih pikir2 dulu supaya ga salah langkah gitu…
    tak tunggu yach mas info nya…
    tq bro…

  16. bagus juga info ini, saya mo tanya donk,
    imana si langkah-langkah awal untuk membangun sebuah manajemen, paling tidak, untuk mendapatkan buku-buku yang mengantur tentang manager dan band. mohon infonya. TQ

  17. Mas, artikel sgt menarik.. ada d urutan pertama daftar pencarian d google.. perkenalkan gw agunk, gw slh satu personil band yg bru dbentuk 2 bulan lalu.. Alhamdulillah d keikutsertaan d event pertama kali lngsung dapat juara. Skrg dlam proses recording lagu. Tapi semua baru dijalanin sendiri tanpa manager dan crew. Pertanyaannya, untuk menjadi band profesional, apakah kita perlu manajer yg profesional jg? Mengingat sbg band bru kami g ad sokongan dana.. bgaimana cara pembayaran thdp manajer tsb?

  18. Kalau ada waktu mohon balasannya ke email koperboyz@hotmail.com Bagi yang berminat menjadi manager, bisa juga hub. Kmi d email tersebut. Perjanjian akan dibahas selanjutnya. Demo lagu akan dikirimkan kepada pihak yang berminat menjadi manajer band kami. Terima kasih.

  19. pesen-pesennya bermanfaat banget, ini adalah sebuah pesan yang tertulis yang singkat dan padat (is very simple) tetapi bermakna dan sangat berkualitas banget..

  20. mas faiz,,pernah baca ga buku yg isinya belajar menjadi manager band???klo ada kasih tau aku donk judulnya dan pengarangnya siapa. dan klo ada,buku yang berkaitan dengan itu juga boleh…
    aku pengen belajar banyak tentang hal baru ini yg baru saja aku tekuni….
    balas ke email aku y,,rikiirawan25@yahoo.com…
    thx

  21. jon kemod founder “LOW END MANAJEMEN” januari 2009,SILENT D SASTER (pop alternative),ZUDAST KRUST (hard core,metal),CARPEDIEM (rock and blues)..contect person 0817207756..trima kasih banyak buat yang mencibir,kritikan,dan dukungan.

  22. MAS saya memanajeri band baru neyy dan saya pun masi awam di dunia manajer band, , ,

    bagaimana cara yang tepat untuk menawarkan band saya ini kepada E.O atau di event-event lain.

    ga perlu gigs yang bagus yang penting main dan dibayar relatif fee nya..buat tambah jam terbang . .

    atau rus pake proposal???klo da contohnya

    tolong kirim ke email saya meidypratama@ymail.com. . .mohon bantuanya..trima kasih mas..

  23. Bro, saat ini saya jg sedang ‘menggarap’ sebuah band. Namanya Coverilis Band. Bandnya udh 2 tahunan. Tp saya baru pegang beberapa bulan. Saat ini saya udah bikin account di facebook buat promosi. Sekarang jg sedang ikut2 festival gitu, kadang2 jg ikut ngisi acara di beberapa tempat. Tp sayangnya msh gratis, alias ga dibayar. Yg ingin saya tanyakan, udah benerkah yg saya lakukan? Trus gimana caranya nentuin upah / bayaran buat tampil di sebuah acara, khususnya buat band baru? Jwb ke email ya bro thx

  24. mas, sebuah kebetulan nih melihat tulisan mas… saya lagi belajar menjadi manager band… kebetulan keluarga besar saya punya band,.. niatnya mau di seriusin terjun ke kancah musik tanah air, tolong kirim ke e-mail dong… langkah apa saja yang harus dilakukan seorang manager dr enol (0) sampai masuk dapur rekaman dan pemasarannya… trus buat promosi apa saja yang mesti dilakukan… untuk label musik,.. gimana caranya mengirimkan demo dan menawarkan ke mereka? terima kasih infonya… saya hanya berusaha membantu sepupu” saya untuk jadi band yang solid… terima kasih sekali lagi…. semoga sukses!!

  25. saya pingen banget belajar tentang undang2 dl industri musik.. aku punya band tpi ada udah punya album tpi tidak ad manajemen….

  26. wah,, mantab nih situsnya bang,,,
    sangad membantu sekali,,,

    aku lg belajar jadi manajer band,,
    kebetulan dapet kepercayaan teman2,,,
    jd artikel ini sngad membantu sekali,, :D

  27. Mas, salam kenal…

    Saya baru mau mulai melangkah jadi manajer band. Band saya juga baru tahap kirim-kirim demo. Pengalaman saya nol, pengalaman band saya juga nol di industri musik.

    Yang saya butuhkan, masukan dari mas. Bagaimana dan kemana saya harus menuju, agar band saya bisa rekaman dan punya album? Apa yang saya harus lakukan jika plan A, yakni demo ke label-label ditolak? Bagaimana membuka jaringan dan meyakinkan orang bahwa band saya menjanjikan

    Tolong balasannya ke catherina.1801@yahoo.com.
    mksiih.

  28. halo mas,
    saya galih dari surabaya,saya blh minta saran ga???
    saya d suruh temen saya bwt jd road managernya band dia,tp saya sendiri msh bljr,kira2 gmn mas enknya???
    bs bantu kan….????
    kirim ke email saya y mas,gsatrio@ymail.com
    makih mas…

  29. Salam kenal mas…
    saya salah satu personil dari band pop ( Shelonia Band) biasa di panggil Jio..Shelonia Band sudah mempunyai label sendiri ( indie label ), dan memiliki lagu komersil yang cukup banyak, tapi untuk saat ini Shelonia Band hanya memproduksi 1 lagu karna sistem jual lagu lebih banyak ke RBT drpda bntuk kaset dan cd dan sudah siap edar sekaligus dalam tahap pembuatan Video klip. tapi, sampai sekarang Shelonia Band masih mencari Manager yang bisa dipercaya, jujur, tahu akan hukum2, dan punya attitude yang baik..mungkin mas faiz bisa tolong bantu Shelonia Band utk memberikan referensi/informasi mengenai manager yang siap untuk bekerja secara profesional.

    Band Profile :
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100000472088225#!/pages/Shelonia/103442793024914?ref=ts

    song :
    http://www.indowebster.com/Perbedaan__3.html

    email kesini ya mas, thx be4 ~ giovanni_sky@yahoo.com

  30. Tanks To Penulis and komentator
    apa yang kalian sampaikan dalam forun ini… sangat membantu banyak pihak
    jika berkenan saya minta tolong kepada siapa saja untuk berbagi ilmu tentang management band…
    Tentang apa saja… tolong dilampirkan ke email saya… karna saya butuh pembelajaran dari anda anda semua.. tolong yang berkenan brbagi ilmu management dengan saya.. lampirkan tentang apa saja yang berhubungan dengan management band… tanks to all

  31. gw sedang mencoba menjadi seorang manager band… VENICI…
    gw butuh saran nhe… apa seh langkah2 yang harus gw jalani???

  32. MAS saya memanajeri band baru neyy dan saya pun masi awam di dunia manajer band, , ,

    bagaimana cara yang tepat untuk menawarkan band saya ini kepada E.O atau di event-event lain.

    ga perlu gigs yang bagus yang penting main dan dibayar relatif fee nya..buat tambah jam terbang . .

    atau rus pake proposal???klo da contohnya

    tolong kirim ke email saya anak_kecilcool@yahoo.com. . .mohon bantuanya..trima kasih mas..

  33. Mas…
    Keren bangets…langsung dapat gambaran jd seorang manager..

    Btw, Kewajiban manajemen untuk sebuah band dalam hal biaya, apa saja yg harus dicover apakah kita berkewajiban untuk mengcover dari biaya a-z untuk menjadikan band yg siap dipromosikan.

    ada langkah mudah untuk mempromosikan band-nya ga mas.

    kirim ke email aku aja yah yuli_damayanti@ymail.com

    thx

  34. mas salam kenal ini lina,,, mau nanya,, kalo jadi manager band itu boleh lebih muda gak dari personilnya??? soalnya saya diminta untuk jadi manager salah satu band, umur saya setahun dibawah mereka, sedangkan saya juga belum pernah punya pengalaman samasekali,, :)

  35. Mas z dan tmn2 mndirikan group band bru dn kami jg punya lgu2 ciptaan sndiri krng lebih 10 lagu,d sni z d tunjuk sbgai manajer band ini, mnrut mas langkah z apa dgn bandku saat ini,z ingin mmbuat rekaman lagu ciptaan band ini sndiri,untuk mempromosikanya gmna ya.mohon pencerahanya mas,mkasih sebelumnya. antosaja99@yahoo.co.id

  36. Salam kenal mas,
    Artikelnya sangat berguna sekali. Tp tetep gw msh ragu tuk melangkah pertama kalinya menjadi manajer band.
    Gw berteman dgn salah satu band baru yg akan rekaman,krn mereka blm punya manajer. Temen gw ini minta gw menjadi manajer bandnya. Apa Hal pertama yg hrs gw lakukan terhadap band ini? Trims sekali. ommar_kayam@yahoo.com

  37. Ass…mas,,..aku di minta jd manager sebuah band yang baru,,saya masih awan dan pengalanku masih nol saya ga tau cara pertama bikin program kerja nya buat 1 bln,,.bisa ga beri contohnya langkah apa yang harus saya lakukan,,..terima kasih

  38. mas klo ada fitnah di antara personil gmana…begini cerita ya…….vokalis ak kan punya mba….trus ak di fitnah pacaran denga mba ya,sedang kan ak ga pacaran…setau vokalis ak …ak ya pacaran gi mana untuk ngejelasin ya ma vokalis ak..padahal ak cuma bantu ja,coal ya ak pernah baik ma ak…..

  39. salam kenal mas…nama saya ary dari bulukumba sul-sel…
    saya kaget stlh teman saya sms tuk jadi manajer bandnya…saya jadi pusing mau ngapain tuk permulaan….mohon bantuannya agar saya bisa menjadi manajer yang baik…trims…

  40. wah,. artikel yang menarik, salam kenal ya mas,.. saya Endah
    saya juga punya kenalan grup band, 1 bulan terakhir ini saya bertekat ingin mempromosikan mereka, skrg tahap rekaman lagu dan mau buat video klip mereka.
    tapi saya belum mengerti bagaimana caranya untuk bisa promosiin hingga lagu-lagu mereka bisa dikenal dulu dan bisa diterima kalangan masyarakat umum.
    terus bida minta contoh kesepakatan antara seorang manager ama grup bandnya?
    di tunggu jawabannya di email saya ya mas,. ndahcatur@gmail.com
    fgirlsband.blogspot.com

  41. Insya Allah klu ada rezeki yg cukup aku mau mencoba menjadi management.agar aku tahu rasanya jadi management itu seperti apa ?slama ini aku jadi fansnya aja.

  42. sebelumnya saya mau berterima kasih kepada mas Faiz yang sudah membagi ilmunya melalui blog ini. Saya cuma mau bertanya langkah awal apa yang harus di lakukan untuk jadi manager sebuah band. Boleh minta referal buku atau website untuk menjadi seorang manager. Thank you before

  43. mas..sya mau tanya..u/manager jd band:
    1.job desc
    2.modal n pengalokasiannya
    3.promosi
    4.kontrak kerja u/EO,Sponsorship or lainnya(mhon samplenya)
    5.pembagiannya kpd smua personel
    6.budget u/apa aja yg dtanggung dri awal oleh manager
    7.budget u/apa aja yg hrs dsiapkan dr awal oleh band.

    thx mas atas atensiny sblm n ssdhnya.
    tlong yah mas klo dah kirim e-mailnya kbar”i yah

  44. Mas, saat ini saya sedang menjalankan bisnis management artis. Mohon bantuan apa saja yang harus saya persiapkan menyangkut perijinan. Saya juga mohon, bila berkenan untuk bisa dikirimkan beberapa media promo yang memungkinkan dan berkompeten. Bila ada, saya juga mohon dikirimkan melalui email, contoh draft kontrak kerja antara management dengan artis. Alamat email saya : kedaiberkah@gmail.com. Terima kasih banyak mas dan salam kenal.

  45. ms salam kenal..
    ms klau ingin menjadi crew musik caranya kayak gimana..?????
    klau ada aku pingin daftar menjadi crew..
    ms klau bls di email”ku aja..

  46. Artikel ini sangat membantu saya, dimana saat ini saya menjadi Manager Band “KSS Project” adalah satu band di wilayah Depok (Sekolah Master Depok) saya masih perlu banyak belajar, karena ini adalah hal baru buat saya.

    thanks ya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s