LAPORAN ANALISIS PELUANG KERJA (Sebuah Tugas Kuliah)


LAPORAN ANALISIS PELUANG KERJA
Di TOKO MAJALAH E-DEAL
Oleh: Faiz Mudokhi

A. Pendahuluan
Persaingan usaha pada zaman sekarang semakin. Hal ini juga harus membuat orang untuk mengasah kreativitasnya untuk bisa berhasil. Bermodalkan modal saja ternyata tidaklah cukup, jika hanya berbekal modal tanpa ada kepekaan terhadap pasar maka kemungkinan untuk usaha yang dimilikinya bisa berhasil atau sukses.
Menurut pandangan penulis, salah satu pengusaha kecil yang tergolong seperti yang ada diatas salah satunya adalah pemilik TOKO Majalah E-deal. Toko Majalah ini adalah salah satu penjual majalah dan tabloid yang sudah berusia 10 tahun. Diantara perjalanan 10 tahunnya Toko Majalah E-Deal tidak hanya pernah untung saja namun juga pernah terpuruk namun akhir bisa bangkit dan jalan kembali.

B. Deskripsi Usaha
Usaha ini bernama TOKO MAJALAH E-DEAL yang beramalat Jl. C. Simanjuntak 90 C Yogyakarta atau tepatnya berada di depan Super market Mirota Kampus. Letak tempat usaha yang berada ditengah-tengah keramaian menjadi salah satu jaminan bahwa usaha ini sangat banyak peminatnya atau pangsa pasar dari took majalah ini adalah para pengunjung Super Market Mirota kampus.
Di Toko ini merek memiliki 4 orang karyawan 1 wanita dan 3 laki-laki. Dimana masing-masing karyawan mendapatkan gaji sebesar Rp. 450.000,- perbulannya. Namun, jumlah sebanyak itu bisa ditambah jika omset penjualan majalah meningkat tidak sepeti biasanya. Stock majalah dan seluruh media cetak yng dijual di took e-deal diambil dari beberapa agen-agen majalah dan Koran yaitu. Hidup Agency, Sindu Agency, dan Quint Agency.
Dengan menggunakan system pembayaran konsinyasi atau pembayaran diberikan setelah barang habis, dan selain itu barang bisa dikembalikan jika tidak laku. Metode ini relative efektif dan sering digunakan di beberapa agen-agen korang dan majalah dimana pengecer juga agen pun tidak mengalami kerugian sangat besar. Namun, sebagai penerbit Koran resikonya sangat tinggi jika medianya tidak laku.

C. ANALISIS
Dalam keuntungan Toko Mahajalah E-Deal setiap bulannya bisa mencapai 3 Juta (Kotor). Namun jika dihitung bersih keuntungannya bisa mencapai 800 ribu setelah dipotong untuk gaji dan biaya operasional toko. Selain itu biasanya dari agen-agen besar juga memberikan bonus jika jumlah barang yang diambil pada agen tersebut diatas 25 % dari barang yang bisa diambil di agen itu.
Jumlah pelanggan majalah ini juga banyak sehingga juga membuktikan bahwa para pelanggan percaya terhadap kemampuan Toko dalam memuaskan pelanggan, dalam hal ini adalah ketepatan waktu penyampaian Koran atau majalah sesuai dengan waktu yang dijanjikan.

D. PENUTUP
Toko Majalah E-Deal adalah salah satu usaha yang bisa dijadikan contoh bahwa usaha ini adalah salah satu bidang yang bisa menjadi peluang untuk bisa berhasil dalam usaha wiraswasta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s