MENGELOLA KEKUASAAN (sebuah resensi yang tak jadi)


MENGELOLA KEKUASAAN
Judul Buku : Power In Management
Penulis : John P Kotter
Penerbit : PinkBooks, Yogyakarta
Cetakan : I, Agustus 2003
Halaman : xiv + 148 halaman
Berbicara tentang kekuasaan berarti kita akan membahas masalah yang menyangkut tentang kepemimpinan. Baik itu Presiden, menteri, ketua organisasi, mulai dari organisasi kecil hingga yang besar. Namun, pada buku ini kita akan lebih membahas tentang kekuasaan yang dimiliki oleh seorang manajer. Seorang manajer sudah pasti akan mendapatkan fasilitas yang bisa dibilang enak. Oleh karena itu, banyak orang berusaha untuk mendapatkan posisi yang strategis itu. Tapi, apakah benar enak berada pada posisi itu?.
Ada peribahasa yang mengatakan: memiliki kekuasaan seperti menunganggi macan. Dalam menjalankan kekuasaan kita harus berhati-hati jika tidak kita bisa digigitnya. Bisa diambil contoh yaitu jatuhnya beberapa presiden kita. Dalam menjalankan kekuasaan, pengalaman kepemimpinan sangat mendukung, namun apakah itu sudah cukup?. Menjabat posisi manajer sangatlah sulit, pada posisi ini mereka sangat tergantung pada bawahannya, karena pekerjaan bawahan akan mempengaruhi pekerjaan di level manajerial. Dengan keadaan seperti ini, maka seorang manajer harus benar-benar mampu mengelola kekuasaan, agar dapat mengatur dan mengefektifkan pekerjaan yang dilakukan bawahannya.
Tulisan pada buku ini berasal dari pengalaman-pengalaman penulis dan hasil penelitian penulis pada beberapa perusahaan di Amerika. Pada saat ini, banyak sekali buku yang berisi tentang bagaimana menjadi manajer yang baik, namun jarang kita dapatkan buku yang berisikan bagaimana mengelola kekuasaan seorang manajer dan pada buku ini perihal kekuasaan akan dijelaskan secara gamblang oleh penulis.
Profesi manajer sesungguhnya sangat berbeda dengan profesi yang lain, pembedanya adalah ketergantungan yang tiada hentinya pada berbagai aktivitas orang lain. Seorang manajer lebih tergantung pada atasan, bawahan, teman sejawat yang ada pada bagian lain organisasi, dan seterusnya. (hal:12).
Berurusan dengan rawannya ketergantungan adalah bagian pekerjaan manajer yang penting namun sulit. Hal ini dibilang sulit karena beberapa hal, pertama, karena para manajer selalu tergantung pada orang tertentu yang terhadapnya mereka tidak mempunyai otoritas formal. Kedua, karena hampir tidak ada orang dalam organisasi modern yang akan menerima secara pasif dan benar-benar matuhi perintah terus menerus dari seseorang hanya karena dia adalah “bos”.

Iklan

One thought on “MENGELOLA KEKUASAAN (sebuah resensi yang tak jadi)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s