MERAIH KEBAHAGIAAN DENGAN MUDAH (resensi yang ku kirim ke media)


MERAIH  KEBAHAGIAAN DENGAN MUDAH

Judul:  100 Rahasia Kebahagiaan

Penulis: Ben Ranshaw

Penerbit: Pinkbooks, Yogyakarta

Cetakan: I, Juni 2003

Ukuran dan Tebal: 15 cm x 8 cm dan 120 lembar

           

Dalam ilmu yoga, ada pelajaran tentang bermeditasi dengan menenangkan pikiran kita yang selama ini sering kita gunakan dalam berbagai hal. Dengan relaksasi (penenangan diri) kita dapat merasakan apa yang selama ini hilang dalam diri kita sehingga tidak ada lagi ketegangan yang kita rasakan.

            Dalam kehidupan kita selalu menghadapi berbagai tuntutan, apakah itu tuntutan dari luar atau dari diri kita sendiri (ambisi). Banyaknya tuntutan (keinginan) yang kadang tidak terlaksana sering membuat kita selalu memikirkanya terus menerus sehingga membuat kita stress. Penenangan diri atau meditasi adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan kepenatan dalam berpikir. Selain itu, saat ini banyak buku-buku yang menawarkan tentang berbagai hal agar terhindar dari stress dengan berbagai teori-teori yang kadang membingungkan. Padahal penyebab dari penyakit stress adalah ketidakbahagian jiwa. Sehingga jika kita merasa bahagia  akan bebas dari stress.

            Fenomena seperti diatas menjadi salah satu latar belakang Ben Ranshaw menulis buku tentang kiat membahagiakan diri yang berjudul “100 Rahasia Kebahagiaan”. Pada hakikatnya kebahagian seseorang bukan berasal dari faktor eksternal, misalnya uang. Uang adalah salah satu alat untuk bersenang-senang dan kebahagiaan yang berasal dari uang hanya sementara, sedangkan kebahagiaan sesungguhnya bersifat imanen dalam diri kita (no. 26).

            Jika kita mengamati perjalanan hidup kita, kadang kita menyadari bila kita suatu hari merasakan ketidakbahagiaan pasti selang beberapa hari kita akan kembali merasakan kebahagiaan. Menurut penulis, ketidakbahagian merupakan sebuah waktu yang bertujuan agar kita meraih kebahagiaan yang kadang bila kita sadari berada didepan mata kita. Salah satu kiatnya adalah jangan menganggap bahwa ketidakbahagian merupakan beban yang sangat berat, namun anggap bahwa hal tersebut merupakan waktu yang memang ditujukan kepada kita agar kita bersyukur terhadap apa yang terjadi kepada kita beberapa waktu yang lalu (no 12).

            Buku yang berisi kearifan-kearifan praktis ini tidak hanya akan membuat anda merasa bahagia sesungguhnya. Tapi membuat kita sadar akan beberapa hal yang telah kita lakukan pada masa lalu yang selama ini menjadi hambatan yang menghalangi kita merasakan kebahagiaan yang utuh. Selain itu buku ini juga dapat menjadi alat untuk mengingatkan kita agar mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mengambil keputusan. Namun ada beberapa kekurangan dalam buku ini yaitu setiap lembar tulisan tidak diberi dengan halaman dan pada tata letak tulisan terlihat agak membuat pusing. Kekurangan seperti ini diharapkan tidak terjadi pada penerbitan buku selanjutnya.

            Ukuran buku yang sangat kecil ini sangat praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana, jika kita tidak memiliki waktu untuk membaca semua. Untuk membaca seluruh isi buku kita juga dapat menyelesaikannya hanya dengan 10 menit saja. Caranya, baca tulisan kecil (tip) yang berada dibawah setiap pembahasan yang merupakan intisari dari penjelasan bagian tersebut sehingga kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Pengirim:

Faiz Mudhokhi

Mahasiswa Jur. Psikologi Pendidikan dan Bimbinga FIP UNY

Kompleks PTS Glendongan Babarsasi Yogyakarta.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s