RAHASIA KEAJAIBAN ILMU PENGETAHUAN (resensi yang ku kirim ke media)


RAHASIA KEAJAIBAN ILMU PENGETAHUAN

Judul: KAMU PASTI TIDAK BISA!

(Memperkenalkan Keajaiban-keajaiban Ilmu Pengetahuan pada Anak)

Penulis: Vicky Cobb dan Kathy Darling

Ilustrasi: Martha Weston

Penerbit: Pink Books, Yogyakarta

Cetakan: I, April 2003

Tebal: 128 halaman

 

            Ilmu pengetahuan, terutama fisika dan matematika, telah lama menjadi momok menakutkan bagi anak. Dua cabang ilmu tersebut identik dengan soal-soal yang sulit sehingga anak-anak kurang menaruh perhatian. Pada ilmu fisika kita sering membaca teori-teori yang kadang membingungkan kita selain itu dalam ilmu matematika yang anak-anak dapatkan dari sekolah hanya rumus-rumus yang selalu saja membuat jalan buntu. Tak ada yang menarik dari mereka mungkin sebuah kesimpulan yang kita dapatkan dari hal itu.

Pernyataan seperti itu menjadi latar belakang penulisan buku ini. Di tangan Vicky Cobb dan Kathy Darling dibantu dengan ilustrasi oelh Martha Weston dua cabang ilmu tersebut tidak terlihat lagi seperti sebuah “mesin pembunuh otak” yang menyulitkan kita. Dalam memperkenalkan ilmu tersebut mereka menggunakan trik-trik yang mengasyikkan, apalagi jika dilakukan bersama-sama.

Coba saja melakukan trik gaya gravitasi  ini: berdirilah dengan tumit kaki menempel ke dinding dan kaki merapat. Taruhlah selembar uang dia atas lantai sekitar setengah meter dari kakimu. Sekarang, cobalah untuk mengambil uang itu tanpa menggerakkan kaki atau menekuk lututmu. Dapatkah kamu melakukannya? Pasti kamu tidak bisa! Mengapa? (hal.6).

Pada ilmu matematika, selama ini kita hanya mengetahui bahwa matematika selalu berhubungan dengan angka padahal ada sebagian cabang matematika yang tidak menggunakan angka sama sekali. Taruhlah topologi, matematika bentuk. Cabang ilmu ini sangat menakjubkan. Coba saja melakukan trik ini: ajak kakakmu dan bawalah dua puluh uang keping. Setiap pemain mendapatkan giliran untuk  mengambil satu, dua atau tiga keping (tidak boleh lebih dari  empat keping). Pemain yang mengambil keping terakhir adalah pemenang. Suruh lawanmu mengambil terlebih dahulu. Kenapa kita selalu menang? (hal. 74).

Inilah awal yang menyenangkan dan mengasyikkan untuk mengenal prinsip-prinsip dasar ilmu pengetahuan. Setiap trik-trik dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik dan juga alasan peristiwa itu bisa terjadi. Buku ini sangat penting bagi anak maupun orang tua, karena trik-trik dalam buku ini dapat dilakukan bersama sebagi permainan keluarga. Selain akan mendekatkan hubungan orangtua dan anak, trik-trik ini akan dengan mudah menjelaskan hal-hal yang barangkali dulunya dianggap sulit untuk dijelaskan seperti gaya gravitasi, hukum-hukum aritmatika, dll.

 

Pengirim:

Nama               : Faiz Mudhokhi

Alamat             : Terban GK V / 169 Yogyakarta 55223

e-mail               : faizgibran@yahoo.com 

 

 

Iklan

One thought on “RAHASIA KEAJAIBAN ILMU PENGETAHUAN (resensi yang ku kirim ke media)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s