TEORI KEPRIBADIAAN CATTELL (sebuah tugas kul)


TEORI KEPRIBADIAAN CATTELL

Oleh: M. Taufik, Faiz M,

 

 

1.      Sebutkan 3 tokoh yang mengemukakan ide-ide pokok dari analisis faktor yang berpengaruh bagi perkembangan teori kepribadian dari R.B cattel, dan jelaskan pola secara singkat ide-idenya tersebut?

Jawaban:

Tiga tokoh tersebut adalah:

1.      spearman, ia menyatakan bahwa, jika kita menyelidiki dua tes kemampuan yang saling berhubungan, makakita bisa temukan dua faktor yang menentukan perfoman pada tes tersebut. Pertama, faktor umum, misalnya, kefasihan berbahasa, intelegensi umum. Kedua faktor khusus, misalnya, ingatan visual, persepsi ruang.

2.      Thorstone. Ia berpendapat bahwa tidak hanya faktor umum pada semua tes dan faktor khusus yang terbatas pada satu tes, tapi juga terdapat kelompok yang mencakup lebih dari satu tesnamun sekaligus tidak sepenuhnya bersifat umum.

3.      Burt. Dia berpendapat bahwa ada faktor universal yang ikut menentukan dari semuahasil pengukuran, dan ada juga faktor khusus yang memainkan peranan pada lebih dari satu pengukuran, dan ada faktor tunggal yang hanya berperan pada salah satu pengukuran, dan ada faktor kebetulan/ kekeliruan yang muncul, yang disebabkan oleh kesalahan pengukuran atau kurang cermat.

1.      Jelaskan pandangan umum Cattel terhadap kepribadian!

Jawaban:

      Tentang kepriabadian cattell memberikan definisi yang sangat umum yaitu bahwa kepribadian adalah sesuatu yang memungkinkan prediksi tentang apa yang akan dikerjakan seseorang dalam situasi tertentu. Cattell melihat kepribadian sebagai suatu struktur sifat-sifat yang kompleks dan terdiferensiasi yang motivasinya sebagian besar tergantung pada salah satu gugus dari sifat-sifat ini, yang disebut sifat-sifat dinamik.

2.      Jelaskan pandangan Cattell tentang sifat!

Jawaban:

Sifat merupakan yang terpenting dari sekalian konsep Cattell tentang kepribadian. Sentral dari segi pandangan Cattell adalah pembedaan antar sifat-sifat permukaan yakni, gugus variabel yang nampak dan terbuka dan sperti saling berhubungan  dan sifat-sifat sumber, yaitu variabel-variabel di balik layar yang menentukan berbagai manifestasi pada permukaan. Cattell mamandang sifat-sifat sumber lebih penting dari sifat-sifat permukaan. Hal ini di sebabkan sifat sumber menjanjikan kemudahan deskripsi dan sifat sumber juga merupakan daya-daya struktural sebenarnya yang mendasar kepribadian.

3.      Sebutkan dan jelaskan tiga sumber data  utama tentang kepribadian menurut Cattell!

Jawaban:

      Tiga sumber data utama yaitu:

1.      Catatan riwayat hidup, pada dasarnya merupakan catatan-catatan tentang tingkah laku seseorang di masyarakat.

2.      penilaian diri merupakan pernyataan orang yang bersangkutan tentang tingkah lakunya sendiri, dengan demikian sejenis sisi dalam terhdapa catatan luar yang di hasilkan.

3.      Tes Obeyektif, berpangkal pada kemungkinan ketiga yakni penciptaan situasi-situasi khusus dimana tingkah laku seseorang dapat di ukur secara obyektif. Situasi-situasi yang dimaksud dapat berupa tugas-tugas tertulis atau dapat juga menyangkut penggunaan berbagai aparatur.

5. Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud sikap menurut Cattell!

Jawaban:

Sikap merupakan variabel dinamik yang menjelma, ungkapan struktur dinamik dasar yang dapat diamati, darimana orang disentimen serta hubungannya satu sama lain dapat disimpulkan. Sikap seorang individu tertentu  dalam situasi tertentu merupakan minat dengan intensitas tertentu untuk melakukan serangkaian tindakan terhadapsuatu objek. Jadi, suatu sikap tertentu tidak perlu diungkapkan scara verbal

6. Sebut dan jelaskan tiga jenis belajar yang berperan penting dalm perkembangan kepribadian menurut cattell!

Jawaban:

1.       Pengkondisian klasik yaitu jenis belajar yang dalam pelaksanaannya mengkaitkan respon emosional dengan isyarat lingkungan.

2.       Pengkondisian instrumental yaitu jenis belajar yang memainkan peranan penting dalam membentuk kisi-kisi dinamik, yang terdiri dari hubungan-hubungan subsidiasi.

3.       Integration learning yaitu jenis belajar yang memaksimalkan kepuasan total jangka panjang dengan menyalurkan sejumlah erg pada saat tertentu, seraya menahan dan menekankan yang lain-lainnya.

7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sikap, erg dan sentimen pada sifat-sifat dinamik cattell!

Jawaban:

1.      Sikap adalah variabel dinamik yang menjelma, ungkapan struktur dinamik dasar yang dapat diamati, darimana erg dan sentimen serta hubungannya satu sama lain dapat disimpulkan.

2.      Erd adalah suatu sifat sumber yang ditentukan oleh pengaruh konstitusi dan dinamik yang didalamnya menjelaskan tentang pentingnya pendorong-pendorong tingkah laku yang ditentukan sejak lahir namun yang dapat dimadofikasi.

3.      sentimen adalah sifat sumber dinamik yang dibentuk oleh lingkungan yang dimana sentimen ini merupakan akibat pengaruh faktor-faktor pengalaman dan sosio-kultural.

8.      Jelaskan apa yang dimaksud hukum pemaksaan ke arah rerata biososial pada teori cattell!

Jawaban:

Yaitu suatu kecenderungan dari pengaruh-pengaruh lingkungan untuk secara sistematismelawan munculnya variasi genetik, seperti yang terjadi manakala orangtua menggiring anak-anak yang berbeda  ke dalam norma tingkah laku yang sama dengan membombong anak-anak yang bersifat pemalu dan mengendalikan anak-anak yang bandel.

9.      Jelaskan  metode penilaian personality learning (analisis jalan penyesuaian diri) menurut catttel!

Jawaban:

Pertama, mengumpulkan informasi tentang perubahan-perubahan sifat yang terjadi pada sejumlah orang,  dan kedua, membuat analisis teoritis tentang berbagai kemungkinan jalan penyesuaian diri yang mungkin dapat ditempuh orang sebagai respon terhadap situasi-situasi hidup yang penuh dengan konflik.

10.  Jelaskan faktor yang mempengaruhi kepribadian pada pelaksanaan pranata-pranata!

Jawaban:

1.      kemungkinan adanya intensi yang disengaja untuk menghasilkan tipe karakter atau kepribadian tertentu.

2.      faktor-faktor situasi atau ekologis dapat menghasilkan berbagai dampak yang tidak diinginkan oleh masyarakat.

3.      akibat dari pola-pola tingkah laku yang terbentuk lewat proses pertama atau kedua diatas.

 

4 thoughts on “TEORI KEPRIBADIAAN CATTELL (sebuah tugas kul)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s