Catatan harian seorang manajer


7 Mei 2007

Tepat ditanggal ini, aku resmi menjadi manajer SANDWICH. Kenapa ku mau jadi manajernya SANDWICH, sebuah band kecil yang belum punya nama, belum punya daya tarik tersendiri, tapi kok aku mau jadi manajer mereka? Jawabannya, dari awal mereka terbentuk (hasil comotan liar ku dari anak-anak baru 2005 UKMF Musik CAMP) aku sudah melihat sebuah keajaiban mereka maen! Karena ketika mereka pertama perform q dah terkejut dengan kekompakan mereka, karena sepengetahuanku mereka cuma latihan gak lebih dari 2 kali tapi hasilnya, wow!! Dan, berdasarkan hasil pengamatan dari awal itulah aku mau menjadi manajer mereka!

 

Mei – awal juli 2007

Ehm…pembentukan awal karakter SANDWICH. Kerja keras! Kenapa? Aku memang sangat terpengaruh karya David Ellefson tentang panduan memasuki bisnis musik yang menjelaskan jika membuat sebuah band yang sukses harus memiliki visi musik yang jelas, karakter band (penampilan,image) yang menarik dan tidak pasaran. Itulah kerja keras dalam membentuk SANDWICH.

Awal jadi manajer mereka, aku 3 kali melihat pentas mereka yang dalam penampilan mereka dipanggung sesuai dengan menurut mereka. Wuih…biasa aja (hehe..untuk tidak mengatakan jelek bro!!)…gak ada yang special…blocking,interaktif audience, penataan lagu…kacau…nah…saat itu juga punya inisiatif untuk mengarahkan mereka lebih jelas….

Pertama, visi musik SANDWICH…ketika kutanya aliran, mereka gak bisa jawab…ada rock n roll, ada jazz, banyak pop, ehm..cenderung sweat pop kayak mocca gitu,…pikir-dipikir akhirnya aliran mereka semakin diperjelas dengan 1 aliran yaitu Pop Rock Fusion. Kok bisa, karena mereka dalam aliran mereka ada jazz-nya, ada pop-nya, ada rock-nya…tapi kok bisa fusion?karena fusion adalah gabungan antara jazz dan pop…loh berarti kan udah ada di fusion kok disebut diawal?nah…soalnya masyarakat awam gak “ngeh” dengan nama aliran ini, takutnya aliran ini adalah basic-nya adalah rock…makanya digunakan awalan pop, coz musiknya SANDWICH cenderung lebih ke pop..yaitu dilihat dari lagu-lagunya yang easy listening…tapi ada sedikit jazz dan rock…makanya jadi Pop Rock Fusion.

Kedua, Buat profil dengan ada demo lagu. Wiuh,….segera ku buat profil tentang mereka…dan mereka langsung ku suruh rekaman buat demo lagu mereka. Live aja ..tapi ternyata mereka lebih memilih untuk rekaman track…maka rekamanlah mereka di Gong Studio. Ehm…lumayan lah hasilnya…..dan jadilah profil+demo lagunya!

Ketiga, penampilan! SANDWICH harus punya karakter manggung. Makanya ku sampaikan konsep ide ku kalo SANDWICH buat uniform yang bisa nengeri mereka kalo mereka SANDWICH dengan kaos tertentu. Dalam 2 minggu mereka langsung hunting kaos, dan jadilah penampilan baru mereka. Uniform kaos mereka, dan untuk rendy dan lutfi mereka punya topi style mereka sendiri! Ehm…not bad lah….luamayan dipandang…!

 

Juli 2007

            Show off penampilan terbaru SANDWICH.. Jogja Musik Bangkit 2, biasa deh…pasti masuk jadi finalis….dan…pastinya rendy jadi the best guitar lagi….yah…lumayan di panggung. Cuma saying gak ada penonton yang apresiasi…tapi so far so good. Dan sejak itu SANDWICH juga semakin kelihatan salahnya selain yang penampilan mereka…yaitu suara didi yang fals…wah…parah! Nah, masukan terbesar mereka…oiya, akhir bulan juli ini, SANDWICH baru rekaman di Gong,….profilnya baru lengkap bulan ini.

 

Agustus 2007

Bulan yang bagus untuk SANDWICH setelah 3 bulan ku pegang, penampilan keren, lagu keren. Dan masih ada yang kurang juga ternyata, Lutfi yang sering tangan keprucut dan kadang lali kuncine, hehehe, dan suara didi yang kadang masih fals…tapi lumayan berkurang dari beberapa awal ku pegang.intinya…semakin bagus!Jogja TV kita sambangi…apresiasi penonton lumayan, terutama penonton dari kota Solo banyak yang SMS aku..yah …ada 10 orang lah…lumayan!belum yang miscal aku lho!

Nah, pada bulan inilah SANDWICH pertama kali kayak menjadi band terkenal maen di SMK Muhammdiyah 2 Klaten. Dijamu kayak band terkenal, makanan, minuman, lezat semua. Pokoknya pelayanannya kayak artis deh….apa lagi apresiasi siswi-siswinya (isinya full perempuan) wuih…berasa artis terkenal deh SANDWICH! Mau manggung dah banyak siswi2 yang mau foto bareng SANDWICH…Dahsyat…dan inilah pertama kali SANDWICH dibayar transportasinya berupa uang, SERATUS RIBU RUPIAH!…yah lumayan….

Oiya, crew SANDWICH masih terbatas lho saat itu…yang sering Bantu SANDWICH itu adalah…Armand dan Lutfi…oiya Koko buat dokumentasinya…nah gara2 aku jadi manajer SANDWICH tambah crew haris…lumayan buat mbantu2!

Bulan ini  SANDWICH maen 3 kali di panggung, event diGarden café kita standarkan sebagai event cadangan kalo lagi sedikit event…hehehe….yang terakhir adalah event di Goeboex café…kita diajak maen sama Yuki, panitia festival band diSTIM YKPN…lumayan lah apresiasi penontonya…dan di event ini aku jadi shock dengan musiknya SANDWICH, mereka bener2 ngoprek lagu dengan skill mereka….kapan dengerin lagunya Tong Kosong SANDWICH…beda 50 % deh….

Oiya, tanggal 7 agustus SANDWICH baru masukin profil di GERONIMO, sebuah radio yang menjadi standart band2 keren di Jogja! Wuih…penuh harap2 cemas buat masuk di radio ini!

 

September 2007

Bulan penuh berkah, soalnya ini bulan Ramadhan. Di bulan ini pula SANDWICH pertama kali dapat event dengan bayaran dahsyat…DELAPAN RATUS RIBU…tapi itu harus dibayar dengan capek yang luar biasa..bayangkan…event jelajah desa TELKOMSEL…maen di daerah pelosok…yaitu di DEKSO-KULONPROGO dan PURWODADI-PURWOREJO….yah,.,,dengan bayaran 800rb…setimpal lah….Oiya, bulan ini crew-crew SANDWICH jadi semakin jelas aja…jadi banyak…tambah mahbob, Hasan, tapi dia belum bekerja!

 

Oktober 2007

Sepi event, coz ini bulan menjelang lebaran setelah lebaran…dan event Cuma dapet satu setelah 2 minggu lebaran..itu pun event ku sendiri…REUNI MANSA! Lumayan…

Oiya lagi…bulan ini pula anak2 jadi semakin jelas masalah intern nya, terutama kayaknya didi yang punya banyak masalah….ah…capek deh…!!!

 

November 2007

Awal bulan sudah dapat event di Kedai Nusantara…lumayan bayaran nasi goreng…ternyata kayak gini tho…hehehe….Nah event kedua nih yang lumayan…event bayaran ketiga SANDWICH…di Purna Budaya…dibayar DUA RATUS RIBU RUPIAH! Ehehehe….tapi anak2 maen total…keren….walaupun masih ada yang kurang lho…biasa….kurang, kurang, kurang….dikit tapi lho!

 

Desember 2007

EHM…event gak begitu banyak tapi ya ada deh…gak bayaran….dan ternyata ada beberapa pemikiran ku tentang sandwich. Band ini harus digeber kalo mau maju…harus total! Dan untungnya malem tahun baru SANDWICH dapat event bareng Doni ex-17 di GOR…eventnya kecil tapi berada di acara yang besar…apalagi publikasinya bisa dibilang lumayan gede lah.

 

Januari 2008

Wah…pembicaraan hatiku kian gak karuan…pikiran-pikiran tentang SANDWICH dating terus menerus…SANDWICH harus maju sekarang, kalo gak…ya gak tau…Aku nge-push banget ma anak-anak SANDWICH…ditambah lagu ku juga nyoba buat merapatkan barisan management…otak ku diperas…ditambah lagi dengan masalah perempuan itu…wah tambah kacau…ku pengen banget mundur jadi manajer SANDWICH…coz ku ngrasa udah berusaha keras demi SANDWICH tapi mereka kok gak nyadar-nyadar dan mau total di musik…wah….kacau!!!!!!!!!!

Ternyata pada tanggal 11 januari 2008, SANDWICH dan aku membuat kesepakatan kalo kita minimal mau memberikan porsi diSANDWICH lebih banyak dari kemarin-kemarin…dan kesepakatan diambil dengan kontrak dengan ku selama 3 bulan…ok kita tunggu!

 

1- 4 Februari 2006

KOnspirasi otak ku semakin menjadi…otak ku yang tertekan dengan masalah perempuan…uang…kerjaan…makin membuat otak materialis dan realistisku membuncah…ku gak mau kalo kayak gini terus… ku memang orang yang susah buat sabar…emosi ini sudah sampai ke puncak…aku mending mundur jadi manajer SANDWICH…………

 

Iklan

One thought on “Catatan harian seorang manajer”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s