APAKAH KITA KONSELOR,…ATAU GURU BIMBINGAN DAN KONSELING?(Sebuah pencarian jati diri mahasiswa Bimbingan dan Konseling)


Alkisah, ada seorang pemuda yang menempuh pendidikan di sebuah universitas ek-IKIP di Jogja. Dia mengambil program studi bimbingan dan konseling. Dengan niat menggebu untuk menjadi seorang konselor, beberapa tahun awal kuliah, dia berusaha sekuat tenaga untuk bisa mendapatkan ilmu menjadi konselor. Mata kuliah yang dia dapatkan memang top, seperti, Bimbingan dan Konseling (BK) Industri, BK Masyarakat, BK Karir, BK Sekolah, dll.

            Dengan bekal mata kuliah itu, dia merasa yakin bahwa jurusan yang dia ambil adalah jurusan yang sesuai dengan keinginan dia, menjadi KONSELOR. Dalam mata kuliahnya dijelaskan bahwa, BK tidak hanya berada di sekolah. Itu memang benar pikirnya, karena ada mata kuliah BK Industri (BK untuk Industri), dan lain sebagainya.

Tapi dia seperti terhenyak ketika melihat gelar yang didapatkannya nanti, yaitu Sarjana Pendidikan a.k.a S.Pd a.k.a gelar yang dipakai seseorang untuk resmi menjadi GURU. Dalam alam pikiran pemuda itu, ternyata kuliah di BK cuma buat jadi GURU. Terus, apakah bisa GURU BK bisa disebut konselor? Bukankah GURU itu adalah pendidik? Bukankah KONSELOR adalah orang yang membantu seseorang untuk bisa menyelesaikan masalahnya? Apakah KONSELOR harus terkungkung dalam lembaga bernama sekolah yang membuat kita identik menjadi GURU? Apakah untuk menjadi KONSELOR harus belajar di Institusi pendidikan?

6 thoughts on “APAKAH KITA KONSELOR,…ATAU GURU BIMBINGAN DAN KONSELING?(Sebuah pencarian jati diri mahasiswa Bimbingan dan Konseling)”

  1. sahabat yang baik gak usah bingung mikirin yang begituan mungkin terlalu prinsip buat anda. saya mahasiswa bimbingan dan konseling universitas lampung, dulu saya lulusan STM dan punya cita2 pengen jadi guru kesampean deh jadi guru BK.
    konselor dan guru BK tidak ada bedanya secara prinsip, mungkin redaksionalnya memang beda.
    konselor adalah tenaga ahli yang memberikan bantuan kepada individu yang membutuhkan bantuan secara psikologis, makna dari kata konselor lebih luas lagi.
    guru BK merupakan bentuk profesi konselor namun dalam frame pendidikan makanya kalo mau jadi guru BK kuliahnya di institut pendidikan ya mau tidak mau titelnya S.Pd , gak mungkin dong konselor pendidikan gak tau tentang dunia pendidikan.
    yang penting untuk kita pikirkan bersama adalah tunjukkan profesionalitas kita sebagai guru BK

    jangan lupa kunjungi juga blog saya biar kita bisa sharing
    jurnal bimbingan dan konseling
    universitas lampung
    unila
    http://eko13.wordpress.com

  2. bagus sahabat.pemikiran kamu memang cemerlang. tetapi yang paling penting kita harus mengembangkan dan mempertahankan keprofesionalitasan sebagai lulusan BK. aq adalah mahasiswa bimbingan&konseling di Malang. jangan lupa kunjungi Blog Aq

  3. Di dalam dunia pendidikan sesuai dengan tata perundangan, jenis guru terinci 1. Guru Kelas 2. Guru Matapelajaran 3. Guru Pembimbing dan 4. Guru Praktik

    Guru BK adalah guru yang mengajarkan BK disekolah…………..ini hanya ada di SPG, sekarang SPG tidak ada maka suatu kekeliruan jika LPTK mengeluarkan Akta IV untuk tamatan jurusan BK.
    GP ada dalam SK Menpan yang sampai sekarang belum diubah…………disatu sisi ada sebutan KONSELOR. Nah Konselor itu harus dilalui melalui pendidikan profesi setelah S1
    dengan masa pendidikan dan pelatihan 2 smester……….Guru Pembimbing hakekatnya adalah guru yang termasuk dalam kelompok Pendidik

  4. Saya salah satu siswi SMA kelas 3 di Bandung,,saya salut dan kagum pada kakak-kakak,,karena saya pun bercita-cita menjadi seorang guru bk..
    karena menurut saya guru beka pekerjaan yang penuh tantangan dan seru..
    mohon doanya…
    saya berniat masuk UPI(Bandung) jurusan bimbingan dankonseling..
    walau saya harus sedikit menentang orang tua saya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s