SOSIOPATIK


Dalam sebuah film steven seagal yang berjudul Half Past Death, saya mendengar kata psikologi yang muncul, SOSIOPATIK. Dalam film itu, orang yang mengatakan SOSIOPATIK menjelaskan bahwa, dia adalah orang yang bila melakukan pembunuhan tidak mempunyai rasa bersalah karena telah membunuh. Apakah SOSIOPATIK dapat juga digeneralisasikan terhadapa perilaku seseorang yang lain? Misalnya, berbohong. Apakah bisa?

Secara normal, setiap orang kan bila berbohong pasti ada rasa penyeselan kan? Kalo tidak ada rasa penyesalan, apakah bisa disebut SOSIOPATIK?

artikel tambahan:

Psikopat – Psycho atau Sosiopatik = Anti Sosial
Psikopat adalah seseorang yang dapat memutarbalikan/ menyembunyikan fakta, alibi dan tidak mempunyai rasa bersalah/ malu atau penyesalan sama sekali atas suatu perilaku merugikan yang dilakukan oleh dirinya, terkesan cerdik, smart (pintar), pandai mengelak, manipulatif dan jago berargumentasi melalui artikulasi berbahasa saat melakukan suatu kejahatan yang sempurna dalam bentuk penubunuhan fisik atau psikologis. Dr. Hare melaporkan bahwa 1% dari penduduk dunia adalah psikopat dan seperempatnya melakukan bunuh diri. Seorang psikopat dikatakan mengalami suatu gangguan kepribadian anti sosial, dimana mereka tidak mempunyai emosional insight tetapi memiliki intelektual insight. Pola asuh yang salah pada masa kanak sering berkontribusi pada kejadian anti sosial pada waktu dewasa.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s