ORMAWA YANG DIBENCI ITU BERNAMA BEM REMA UNY! (Sebuah Reportase Investigasi, semua nama narasumber dirahasiakan)


Tak pernah dilupakan peristiwa itu oleh salah satu UKM di UNY. Hanya karena mengekpresikan kesenian, lembaga itu dilarang untuk mementaskan kegiatannya selama 1 tahun. Salah satu anggota UKM tersebut menegaskan, “hal itu sangat tidak adil, karena dalam kegiatan ini kami hanya mengekspresikan kesenian. Tidak ada dalam kegiatan itu yang SARU, semua itu adalah sebuah bentuk seni.”

Rasa kebencian itu muncul ketika salah satu anggota BEM REMA UNY ternyata melaporkan kepada pihak rektorat tentang kegiatan itu, dengan sebuah argumentasi kepada pihak rektorat UNY bahwa kegiatan itu tidak bermoral dan benar-benar SARU, anggota BEM REMA UNY itu memberikan masukan kepada pihak rektorat untuk melarang semua kegiatan UKM itu. Oleh karena itu, karena terbujuk lobi tersebut akhirnya pihak rektorat UNY memberikan surat penghentian kegiatan UKM itu selama 1 tahun.

Ternyata tak hanya itu saja yang membuat BEM REMA UNY itu dibenci, dalam setiap kegiatan OSPEK mahasiswa baru di UNY, mereka benar-benar dibenci karena semua kegiatan mahasiswa baru hanya dikuasai oleh BEM REMA UNY sendiri tanpa mengajak seluruh elemen ORMAWA di UNY. Hal senada juga diungkapkan salah satu anggota UKM yang berkantor di rektorat lama, BEM REMA UNY tak pernah memberikan kesempatan kepada UKM untuk bekerjasama, yang ada hanyalah UKM harus tunduk dan patuh pada BEM REMA UNY.

Peristiwa terakhir berdasarkan investigasi penulis menemukan bahwa, dalam perayaan dies natalis UNY ke-44 ini, BEM REMA UNY ternyata tidak mengakomodir seluruh kegiatan mahasiswa di UNY ini. Pasalnya, menurut salah satu panitia dies natalis pada tahun ini, pada tahun ini tuan rumah dies natalis adalah FMIPA, menegaskan bahwa, “BEM REMA UNY kemarin sudah diberikan amanat untuk memberitahukan kepada seluruh UKM atau ORMAWA UNY sekaligus mengkoordinir semua UKM untuk mengisi kegiatan pameran di GOR UNY pada tanggal 14 – 21 Mei 2008.”

Namun ketika amanat panitia dies natalis UNY ini dikonfirmasikan kepada beberapa anggota UKM, ternyata mereka tidak tahu sama sekali tentang hal itu. Bahkan mereka seolah memaklumi kalo BEM REMA UNY tidak memberitahu UKM-UKM lain. “ Udah biasa mas mereka kayak gitu, kalo mau kasih tau ke UKM ya seharusnya kasih tahu ke anak FK UKM”. Ketika penulis mengkonfirmasi kepada anggota FK UKM, mereka malah menjawab tidak tahu sama sekali tentang informasi itu.

Penulis juga investigasi kepada pihak panitia dies tentang kegiatan pameran di GOR UNY tersebut. Dari file susunan acara, ternyata hampir 50% acara ternyata yang menyelenggarakan adalah BEM REMA UNY. Bahkan BEM FMIPA sendiri nyaris tidak mendapatkan kegiatan yang mengisi di kegiatan pameran.

Menurut sumber informasi penulis yang sangat rahasisa, bahkan karena peristiwa itu BEM FMIPA sendiri sempat mengeluarkan statement bahwa BEM FMIPA akan memboikot acara tersebut. Ketika dikonfirmasikan kembali pada panitia dies natalis, statement BEM FMIPA seharusnya janganlah terjadi, apalagi tuan rumah tahun ini adalah FMIPA, kalo misalnya BEM REMA UNY terbukti seperti itu, kami tidak segan untuk melaporkan kesewenang-wenangan BEM REMA UNY agar mereka diberi peringatan keras, mengingat kegiatan pameran ini adalah adalah perayaan dies natalis UNY jadi semua elemen ORMAWA di UNY berhak untuk mengisi kegiatan selama tidak berbenturan dengan acara yang lain.faiz

PS: ini baru reportase, tulisan itu sama tajamnya dengan lidah! Karena itu, hati-hati menulis kalo tidak jelas informasinya dan teknik menulisnya!.

16 thoughts on “ORMAWA YANG DIBENCI ITU BERNAMA BEM REMA UNY! (Sebuah Reportase Investigasi, semua nama narasumber dirahasiakan)”

  1. sesuatu yang bijak dari tetanggal harapannya disiarkan namun aib tetangga harapannya kita sembunyikan seandainya kita mengetahuinya.

    seni dan etika harus seimbang so jangan karena ingin mengepresikan seni tapi mengumbar etika……

  2. terimakasih commentnya Ramazda,…semoga Anda bukan anak BEM REMA, karena jika iya, berarti Anda adalah salah satu orang yang HIPOKRIT or Anti kritik….ada baiknya jika sebelum Anda memberikan kata-kata bijak diatas, lihatlah kenyataan yang terjadi di BEM REMA, menulis tentang UKMF Musik CAMP di REMA Post dan mendeskriditkan UKMF Musik CAMP sebagai UKMF yang menyalahgunakan pelataran KOPMA UNY…padahal kenyataannya tidak…hehehe…urip kuwi sawang sinawang, kan?!

    thanks

  3. Saya setuju… BEM REMA uny sudah melakukan berbagai kesalahan (terlepas dari manusia yang tidak luput dari kealahan). Menurut saya intinya adalah pada pandangan yang menganggap diri sendiri benar dan yang lain salah jika dipandang salah oleh mereka…
    masalahnya hal tersebut sama sekali tidak tabu dan semua itu hanya karena kesalahan persepsi saja. Mungkin menurut pandangan saya yang melapokan tersebut mempunyai motivasi tersendiri (maaf mungkin iri atau tidak bisa melihat sesuatu dengan jernih) sehingga terburu-buru melakukan tindakan yang merugikan sUKM tersebut. Saya sebagai mahasiswa UNY prihati karena nama BEM REMA UNY di kalangan teman2 saya tidaklah bagus. Banyak dari teman2 UKM dan teman kuliah saya yang tidak mengikuti UKM sekalipun. Hanya untuk masuka pada BEM REMA untuk memperbaiki diri karena orang yang mau mengakui kesalahannya lebih baik dari pada orang yang mempertahankan argumennya..tetapi salah. terima kasih

    1. @ Bebe: hehehe…BEM REMA UNY seharusnya juga harus seperti yang Anda katakan tadi itu dalam membuat tulisan yang memojokkan UKM saya. Masih saya simpen buletin yang diterbit kan BEM REMA UNY itu, tulisan BEM REMA UNY itu justru yang bukan tulisan bagus dan objektif dan apalagi cover both side. Ini sebuah tulisan perlawanan bro atas kesewenang-wenangan BEM REMA UNY dalam membuat opini publik memandang UKM saya menyalahgunakan sesuatu.

  4. Saya tidak mengambil tema apapun yang terpampang d isini. Hanya ingin menegaskan
    , bahwa BEM, DPM, Orm awa, SKI, hampir semua dibawah ketiak PKS/Ikhwanul Muslim
    in Indonesia. Hal tersebut bukanlah sebuah rahasia. Mereka tidak hanya didukung
    oleh Mahasisw a, tetapi dosen. Ada yang membutuhkan informasi te ntang nama-nam
    anya juga dokumen-dokumen rahasia me reka, kebetulan ana masih ada? (nahnusalafi
    @yahoo.com)

  5. Sebagai mahasiswa saya juga kecewa dengan BEM REMA UNY yang sewenang – wenang semoga mereka diberi hidayah agar berubah…

  6. Wow, investigasi yang sangat mantap. Sebagai orang ex-BEM REMA UNY, saya tahu “kebobrokannya” memang baru setelah menjadi bagian dari mereka. Dahulu tahun 2010 saya sebagai Redaktur Rema Post. Yang mereka “gembar-gemborkan” memang positif dan membuka cakrawala saya lebih luas, tetapi yang jadi masalah apa yang mereka katakan tidaklah seperti yang mereka lakukan. Jujur saya sedih sekali, ternyata tulisan saya tentang profetik (http://mazkar.wordpress.com/2010/07/05/pentingnya-pendidikan-profetik-dalam-pembangunan-moral/) yang pernah saya muat di Rema Post hanyalah sekedar wacana, tapi aksi yang mereka lakukan jauh dari itu –> tidak bersahabat dengan Ormawa lain di UNY, hanya bersahabat pada golongan mereka saja. Singkat cerita BEM REMA UNY dibekukan rektorat pada 2011 karena ada kepentingan politik tertentu.

    Saya dahulu siswa ICT angkatan pertama SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta lho ;) Silahkan mampir ke blog saya http://mazkar.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s