PENYELEWENGAN FASILITAS GOR UNY OLEH BEM REMA UNY (Sebuah Reportase Investigasi, semua nama narasumber dirahasiakan)


Beberapa hari yang lalu, penulis bertemu dengan seorang marketing pengusaha distribusi media-media islami. Dari pertemuan tersebut dia bercerita tentang event pameran di akhir tahun 2007 yang lalu di GOR UNY, dia menceritakan bahwa dalam event itu BEM REMA UNY – dalam bahasa BEM REMA UNY, dan penulis mengutipnya- telah menyelewengkan penggunaan fasilitas GOR UNY.

Pasalnya, dalam publikasi kegiatannya menunjukkan bahwa BEM REMA UNY adalah penyelenggara kegiatan tersebut. Namun dalam kenyataanya sedikit kegiatan dalam pameran itu yang menonjolkan kegiatan kemahasiswaan mahasiswa UNY, yang ada hanyalah kegiatan murni komersil dan bersifat hura-hura.

Dalam kegiatan tesebut, BEM REMA UNY telah memanfaatkan kebesaran nama lembaganya untuk mendapatkan harga GOR UNY yang murah. Hal senada juga diungkapkan salah satu personil BEM REMA UNY pada seorang personil event organizer dan menyatakan bahwa BEM REMA waktu itu juga mendapatkan harga yang murah dalam kegiatan itu.

BEM REMA UNY yang sering meneriakan anti kapitalisasi pendidikan dalam kegiatan itu justru telah menunjukkan bahwa BEM REMA UNY sudah “menelan ludahnya” sendiri. Pemanfaatan nama lembaga BEM REMA UNY untuk mendapatkan harga GOR UNY lebih murah merupakan sebuah tindakan kapitalis yang berfungsi untuk memperkaya lembaganya tersebut sehingga budget yang dikeluarkan BEM REMA UNY tidak besar sehingga keuntungan dari kegiatan itu bertambah besar.

Ketika dikonfirmasikan kepada salah satu pengurus GOR UNY yang namanya sengaja dirahasiakan, dia menjelaskan bahwa BEM REMA UNY dalam kegiatan tersebut sedikit sekali menampilkan kegiatan yang bersifat kemahasiswaan dan kependidikan yang selama ini mereka gembar-gemborkan. Kegiatan tersebut tersebut hampir 75% merupakan kegiatan komersil.

Menurut ingatan penulis dalam kegiatan tersebut, acara itu memang benar murni komersil, karena ada beberapa kegiatan yang ternyata harus membayar dan acara tersebut tidak bersifat mendidik. Karena acara tersebut malah temu artis-artis, seharusnya isi dari kegiatan tersebut adalah talkshow ataupun kegiatan yang bersifat mendidik.

Menyikapi hal itu, salah satu pimpinan rektorat dalam sebuah percakapan informal ketika tidak sengaja bertemu di salah satu fakultas di UNY menegaskan, BEM REMA UNY memang sangat tidak pantas melakukan hal itu karena kegiatan tersebut justu tidak mendidik dan BEM REMA UNY sebagai salah satu lembaga eksekutif di kampus UNY ini seharusnya lebih menyadari tugas utamanya sebagai penyambung lidah mahasiswa, bukannya memanfaatkan nama lembaganya untuk memperkaya diri.faiz.

PS: ini baru reportase, tulisan itu sama tajamnya dengan lidah! Karena itu, hati-hati menulis kalo tidak jelas informasinya dan teknik menulisnya!

2 thoughts on “PENYELEWENGAN FASILITAS GOR UNY OLEH BEM REMA UNY (Sebuah Reportase Investigasi, semua nama narasumber dirahasiakan)”

  1. Ass. Faiz……….piye kabarmu. cah..? masih ingat padaku..kah..?…kang herry eks pentolan “raja” BEM RMS UNY 2002-2003?…wuah….tulisanmu iki…menarik…sekali…ngak sengaja utak-utik..eeeee….malah nyasar di Blogmu…bagaimana ?sudah jadi mantan mahasiswa FIP yang baik..?..bagaimana “sanggar” Band “Camp” mu…? ngomong2 sudah gatal tanganku ingin memaunkan stick drum speperti dulu…he…he….he….Yo wis ngono wae.Sugeng Riyadi…..
    wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s