UNUSUAL MUSIC FESTIVAL “Make music with u’r PC” (konsep event lagi dalam proses eksekusi)


1. PENDAHULUAN

Musik adalah bahasa universal. Musik tidak hanya satu aliran. Musik tidak harus dibuat bersama-sama. Pada pernyataan terakhir ini, adalah salah satu hal yang memang sudah terbukti. Untuk bisa bermusik tidak harus memiliki sebuah, namun dengan bantuan teknologi saat ini yaitu computer. Hanya dengan seorang diri, kita bisa membuat sebuah musik yang bisa dinikmati orang lain.

Juga bukan larangan bagi mahasiswa fakultas lain untuk terjun di bidang seni musik walaupun sudah ada fakultas yang mengangkat tentang seni. Seni adalah milik orang, tak ada yang bisa melarang untuk tidak boleh mendalami seni terutama seni musik dalam band. Dan kini, semakin banyak band-band mahasiswa UNY yang terbentuk di masing-masing fakultas di UNY ini menjadi salah satu alasan kami untuk mengumpulkan mereka dalam sebuah kompetisi band untuk mewakili fakultas mereka dalam acara FESTIVAL BAND MAHASISWA UNY “All for One”.Inilah ajang kompetisi bergengsi untuk menemukan sebuah band terbaik di kampus ini, Univesitas Negeri Yogykarta.

2. KONSEP EVENT : FESTIVAL BAND MAHASISWA UNY “All for One”

Acara ini berbentuk Festival band atau lomba band-band antar fakultas yang ada di kampus UNY. Tiap fakultas (5) akan mengirimkan 2 utusan band yang akan mewakili fakultas mereka yang sebelumnya akan dilakukan seleksi di tingkat fakultas. Syarat peserta festival ini untuk bisa mewakili fakultas adalah dalam sebuah band minimal 50% personil band berasal dari fakultas yang sama. Sehingga peserta dalam acara ini lebih banyak.

Dalam penyisihan tidak lakukan pemilihan lagu wajib, yang diharapkan masing-masing mampu untuk mengeksplorasi lagu orang lain atau lagu sendiri dengan aransemen dan improvisasi masing-masing band. Tidak ada batasan aliran musik, karena hal itu sesuai dengan tema acara ini “All for One”.

Dalam acara grand final akan ditampilkan 10 band yang telah lolos seleksi yang akan mendampingi bintang tamu, yaitu Pigoera (Artis dalam Album Kompilasi Nuansa A-mild) dan Sri Redjeki (band humor dari Jogja). Dalam acara ini akan diambil juara yaitu Best Performance 1, Best Performance 2, dan Best Performance 3, yang mana penilain ini juga mengajak aspirasi penonton dengan cara SMS langsung dalam acara tersebut sebanyak 30% penilaian dan 70% penilaian dari dewan juri. Selain itu akan diambil Gitaris terbaik, bassis terbaik, dan drummer terbaik. Acara ini juga akan di kenakan tiket bagi yang akan menonton, dan akan menggunakan konsep tiket free for ladies.

3. TUJUAN EVENT

Pelaksanaan event bertujuan untuk:

a. Wadah apresiasi mahasiswa UNY yang berminat dalam bidang musik khususnya band dan menyatukan semuanya dalam satu acara.

b. Ajang kompetisi band-band mahasiswa antar fakultas UNY dan untuk menemukan band terbaik di UNY.

c. Memberikan image baru pada khalayak ramai, terutama mahasiswa, tentang penggunaan musik dalam berbagai segi pandang kehidupan, serta mempererat tali persaudaraan khususnya pada kaum muda yang peduli kenyamanan dan perdamaian terhadap musik.

d. Sebagai ajang promosi perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan produknya baik barang maupun jasa

4. TARGET MARKET

Adapun target market atau sasaran dalam acara ini terbagi menjadi dua yaitu peserta festival dan penonton acara:

1. Peserta festival : 7 band dalam tiap fakultas, total 35 band (rata-rata pemain band 5 orang, jumlah 135 orang)

2. Penonton : Mahasiswa UNY (±1000 orang), mahasiswa univeritas lain dan masyarakat umum (±500) (Kapasitas venue 2000 orang)

5. KEUNTUNGAN UNTUK SPONSOR

  1. Event ini mengangkat musik sebagai media utama yang dapat menarik banyak penonton.
  2. Event ini juga ikut dalam rangkaian acara Dies Natalis UNY ke-41 sehingga dapat menarik mahasiswa UNY sebagai bentuk sense of belonging terhadap kampus ini.
  3. Event musik yang diadakan di kampus ini terakhir diadakan pada tahun 2005 lalu, dan ini adalah event pertama kali di tahun ini di kampus UNY sehingga dapat menarik penonton UNY yang merindukan event musik di kampus ini.
  4. Dengan beberapa alasan diatas sponsor dapat mempromosikan produk pada seluruh mahasiswa UNY.
  5. Konsep acara ini belum pernah diadakan di kampus UNY sehingga acara dapat menjadi ajang kumpul mahasiswa UNY adalam merayakan Dies Natalis UNY, sehingga sponsor dapat mempromosikan produknya dengan sasaran mahasiswa UNY.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s