Mempromosikan Produk….


Beberapa hari yang lalu, saya sempat diskusi dengan seorang teman. Kebetulan lulusan S1 Komunikasi yang mengambil spesialisasi ke Advertising a.k.a Periklanan. Aku sempet share dengan dia mengenai bidang promosi. Ada beberapa hal yang sampai saat ini masih inget dan seakan kembali menegaskan pola pemikiran awal ku tentang promosi di kerjaan ku..

Jadi, kata dia, ada beberapa tingkatan tujuan dari promosi itu, adalah:

1. Tingkat Pertama, Mengenal

2. Tingkat Kedua, Mengerti

3. Tingkat Ketiga, Datang

4. Tingkat Keempat, Berulang-ulang

5. Tingkat Kelima, Tetap

Nah,dari kelima tingkat itu, yang sesungguhnya fungsi dari promosi dan tujuan general dari promosi ini adalah sampai pada tingka mengerti. Jadi sebuah company yang akan berpromosi akan dilihat sangat “mustahil” jika dia menginginkan tujuan general dari promosi ini adalah membuat seseorang itu menjadi tetap dalam menggunakan produk…(kalo ada yang bisa, aku belajar dari dia deh, tapi kasihan banget Markom-nya).

Ketika kemarin aku melamar menjadi salah satu marketing suatu MARKOM Jakarta, aku sempet share tentang hal ini juga…soalnya aku merasa mereka itu kliennya lumayan gede…hehehe…aku jadi inget, waktu kemarin interview di MARKOM, aku sempet heran dengan kata-katanya, “wah,CV-nya bagus mas! Udah pengalaman di dunia EO dong! Baru mas faiz lho yang klasifikasinya masuk banget! Hehehehe…..

Dengan diawali dengan kata-kata itu, akhirnya makanya aku berani masang salary tinggi, dan dalam seumur hidupku baru pertama kali aku masang gaji 1Jt, hehehe….langsung deh dipertimbangkan….hahahaha….alias gak ketrima! Hehehe…aku kan gak bodo juga lagi, udah Tanya-tanya ma admin kantornya katanya gajinya standart Jakarta jeh…masak kok ditawari gaji lebih kecil dari Jakarta kok dipertimbangkan…(aku yakin mereka nyesel dengan menolak aku! Hehehe)

Nah…tadi malam aku sempet diskusi dengan orang EO, namanya Tabitha, kita sempet share tentang promosi sebuah resto, kebetulan dia pernah menangani resto namanya KALULA (kalo gak salah kayak gitu tulisannya). Dia sempet cerita tentang dia menangani resto itu…semua kesuksesanya karena komunikasi dengan semua manajemen lancer..tidak ada yang ditutup-tutupi. Jadi segala permasalahan dan apapun yang dipikirkan oleh semua manajemen selalu disharekan…brainstorming mengenai kelebihan resto itu selalu di sharekan jadi jika mau buat acara semua orang pasti akan berani ngomong…sekaligus cak-cek dalam kerja gak lelet! (dan sekali lagi,maklum deh….orang EO jadi paham tentang hal itu)…pokoknya analisis SWOT deh!

Job Desk kerja yang jelas, dan pemahaman tentang suatu produk yang jelas, pemahaman yang jelas mengenai segment produk, kecapakapan anggota tim dalam bekerja adalah sebuah langkah awal dimana tujuan dari promosi itu akan sukses…

 

Tinggalkan Balasan

