Proses Promosi yang Baik


“Promosi selalu menjadi unsur penting untuk menjual barang dan jasa dalam waktu yang cepat. perusahaan tidak hanya menjual barang dan jasa yang bersifat instan, tetapi lebih pada daya menanamkan brand image yang kuat”

Kekuatan arus informasi dan teknologi telah menyebabkan aliran barang dan jasa yang dihasilkan produsen dari berbagai belahan dunia dengan mudah disuguhkan kepada konsumen. Bagi konsumen suguhan ini tentu mempermudah melakukan pilihan yang sesuai tingkat kebutuhan dan finansial yang dimiliki. Di sini, konsumen menjadi titik sentral yang selalu dibidik. Namun, bagi perusahaan tidak mudah ‘mengajak’ konsumen untuk selalu mengkonsumsikan setiap produk yang dipasarkan. Konsumen memiliki mekanisme tersendiri untuk melakukan seleksi dalam memilih dan membelanjakan barang dan jasa yang ditawarkan.

Promosi selalu menjadi unsur penting untuk menjual barang dan jasa dalam waktu yang cepat dengan hasil yang diharapkan maksimal. Di sini perusahaan tidak hanya menjual barang dan jasa yang bersifat instan, tetapi lebih pada daya menanamkan brand image yang kuat ke konsumen sehingga konsumen tidak mudah beralih ke produk dan brand yang lain.

Daya pengaruh untuk menguatkan dan mengukuhkan brand dalam ingatan konsumen selalu menggunakan media massa baik cetak maupun elektronik. Karena media massa adalah sarana paling efektif untuk menjangkau konsumen dengan mudah dan dalam waktu yang cepat.

Persoalannya adalah media mana yang harus dipilih sehingga pesan itu bisa menjadi sangat efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan? Strategi apa yang hendak dipakai untuk menanamkan dan menguatkan brand image perusahaan ke benak konsumen melalui strategi promosi yang efektif, tepat sasar dan tepat tujuan? Bagaimana mencapai keduanya dengan biaya yang murah tapi outputnya maksimal?

Materi dibawah ini dirancang secara khusus bagi perusahaan yang ingin melakukan promosi secara efektif untuk menjangkau konsumen yang dituju secara tepat. Karena strategi promosi yang salah, tidak hanya membuang biaya dalam jumlah besar tetapi bisa merusak brand image perusahaan yang justru hendak dibangun.

Pemahaman 1 :

STRATEGI PROMOSI DI ERA KOMPETISI USAHA YANG SEMAKIN SENGIT

Yang perlu dipahami :

  • Konsep promosi yang efektif
  • Bauran promosi yang tepat
  • Proses eksekusi manajemen promosi
  • Contoh program – program promosi yang efektif

Pemahaman 2

SUKSES MENJALANKAN TRADE PROMO DAN CONSUMER PROMO”

Yang perlu dipahami :

  • Konsep trade promotion dan Consumer promotion yang kreatif
  • Manfaat & dampak yang didapat dalam promo ini
  • Hambatan dalam pelaksanaan trade promo & Consumer promo
  • System evaluasi dan pengukuran keberhasilannya

Pemahaman 3

PEMAKAIAN MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF

Yang perlu dipahami :

  • Memilih media yang tepat untuk promosi
  • Keputusan Media Mix dan konsekuensinya
  • Above the line dan below the line
  • Bagaimana pengelolaan dalam Tim dan implementasinya di lapangan

Pemahaman 4

ANGGARAN PROMOSI DAN EVALUASI KEBERHASILANNYA

Yang perlu dipahami :

  • Metode dalam menentukan anggaran promosi
  • Evaluasi keberhasilan sebuah program promosi
  • Menentukan biaya promosi untuk pengenalan produk, untuk program peningkatan penjualan (hari raya, hari natal, dll)
  • Pembebanan biaya promosi dalam keuangan perusahaan

Adopsi sebuah proposal seminar acara promosi yang sukses

3 thoughts on “Proses Promosi yang Baik”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s