Mau jadi band terkenal ? (sekedar belajar aja)


Beberapa saat yang lalu, saya sempet belajar via YM dengan Bang Boni, Managing Director managerartist.com. Dari beliau, saya sempet mendapatkan insight tentang dunia manajemen artist setelah membaca link our service managerartist.com. Pasalnya dari tulisan tersebut aku seperti bisa mengambil kesimpulan, dan setelah dikolaborasikan dengan ilmu yang saya pelajari di jabatan kerja saya, saya jadi menyimpulkan bahwa perlu adanya Management artist yang berbasis Marketing and Communication (tapi ini gak ku bahas sekarang!).
Hal ini bukanlah hal baru, cuma saya baru kepikiran dan menulis di blog saya ini. Pasalnya, seperti kita ketahui bahwa selama ini banyak label yang sudah mulai membuat divisi management artist sendiri. Kenapa mereka membuat divisi ini? Perlu diingat dalam-dalam bahwa pemasukan artist rekaman yang paling besar berasal dari show atau manggung. Jadi bisa disimpulkan, bahwa label otomatis pemasukan keuntungan hanya berasal dari penjualan CD/kaset, padahal dengan tingkat tingginya pembajakan saat ini pasti akan langsung mengurangi keuntungan label rekaman. Maka dari itu, sekarang beberapa label membuat divisi management artis.
Dengan adanya ini, maka tak heran jika ada seorang band yang ingin masuk dalam industri musik harus memiliki modal sendiri. Karena itu biasanya sekarang untuk beberapa band hanya menjadikan label rekaman sebagai partner untuk distribusi secara nasional. Kalo gak diakalin kayak gini, band bakal tetep miskin dan malah diperas oleh label. Tapi satu sisi, dengan perkembangan industri musik seperti ini, membuat band-band yang memang memiliki kualitas atau Unic Selling Point (USP) bisa jadi tidak akan berkembang dan hanya menjadi band yang terkenal di kampong halaman.
Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, teknik promosi artist juga dilakukan tidak hanya melalui radio, tapi juga diinternet mulai sering digunakan. Tapi apakah hanya dengan promosi seperti itu saja sudah cukup. Selama ini, saya sangat jarang manager band memaintance band-nya dengan promosi yang seimbang dengan kualitas musiknya. Jadi menurut pendapat saya, kalo band kamu merasa lagunya bagus maka haruslah dipromosikan dengan baik dan berarti itu juga memiliki modal untuk promosi selain untuk recording.
Jadi dalam hal ini, seingat saya, ada beberapa cash flow yang harus dikeluarkan oleh band untuk bisa seperti band-band yang udah masuk televisi, tapi perlu diingat bahwa kalo kamu coba mengandalkan atau menunggu produser untuk bisa membuatkan band kamu album (minimal album kompilasi), jangan mengira jika kamu nantinya gak akan mengeluarkan uang atau jika tidak (dan lumayan sadis) adalah nanti band kamu akan diperas dengan banyak-banyak manggung tapi fee manggung buat band kamu hanya sekian persen hanya karena kamu gak bermodal dalam album. Maka dari itu ada beberapa bagian yang harus kamu siapkan untuk menjadi artist terkenal:
1. Budget untuk rekaman kualitas nasional (ini mulai 10jt an ke atas)
2. Budget untuk produksi kaset/cd (produksi ini pun 10%-20% nya pun tidak dijual tapi untuk keperluan promosi)
3. Budget untuk promosi (launching, website, televisi, radio, media cetak,dll)
4. Budget untuk tour promo.
Sudah bisa dibayangkan bukan, kira-kira berapa jumlahnya? Sekarang dunia musik bukan lagi menjadi dunia seni musik tapi sudah menjadi industri. Dimana system capital atau modallah yang menentukan band itu terkenal atau tidak. Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi band yang terkenal tapi tidak bermodal besar, lebih baik menggunakan system management artist berbasis marketing communication untuk menaikkan level terkenal band.

9 thoughts on “Mau jadi band terkenal ? (sekedar belajar aja)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s