Sweat Dark Music (Review Lagu Pippet Band)


Disclaimer: Ini adalah opini pribadi, dan berusaha saya tulis seobjektif mungkin. Saya bukan produser ataupun musisi, hanya penikmat musik yang terkadang membuat lagu.

Setiap lagu pasti punya inspirasi atau influence dari lagu orang lain, dan itu tidak dapat disangkal. Karena nada itu cuma ada 7, do re mi fa sol la si. Hehehe…openingnya!

Bersamaan dengan saya dapat lagu dari Danang, vokalis Aquila, saya juga sempat ketemu dengan Galih, vokalis Pippet, salah satu band emo dari Jogja, yang katanya bakal ngeluarin mini albumnya Februari ini. OK, jadi dia langsung aja ku minta lagunya, kan udah jadi semua. Total lagu yang saya dapatkan 6, katanya itu lagu semuanya bakal dimasukin di EP mereka. Wah, beruntung deh aku dapat lagu itu.

Langsung aja deh ku dengerin di rumah dengan laptop pinjaman, maklum kompi saya yang Pentium II Celeron rusak dan memang sudah gak pantas diperbaiki, tapi di perbaharui J. Biasa, dengerin intronya, diputar selama 10-20 detik masing-masing lagu. Hmm…ternyata boleh juga intronya cukup mencuri perhatian untuk terus mendengarkan. Dari 6 lagu itu, intro masing-masing lagunya sederhana dan masuk dalam suasana liriknya. Tapi memang ada beberapa intro yang mungkin agak mirip dengan lagu “Ungu” tapi jadi menarik dengan tambahan sound accordion, ada juga yang kayak intro Arkarna yang judulnya ku lupa. Hmm…ada juga yang mungkin kayak lagu “Kangen” Dewa 19, tapi judulnya “Terasing”.

Dari lagu-lagu, sepertinya mereka berusaha ingin menjadi “gelap” dengan memasukkan sound-sound semi-hard, beberapa lirik yang spontan dan nada vocal yang berusaha “membunuh” karakter personal lagu itu. Hehehe…bahasanya….tapi ini memang kenyataan dari apa yang ditawarkan. Dengan menawarkan 6 lagu dengan 3 lagu lirik berbahasa inggris dan 3 lagu berbahasa Indonesia sepertinya mereka berusaha menawarkan rasa lain dari musik-musik yang ada dipasaran sekarang ini. Tapi mereka sepertinya juga terinfluence dengan pasar juga, soalnya kalo lama-lama mendengarkan lagu mereka kok malah jadi semakin nge-Pop ya hehehe….No offence!

Last but not least, lagu mereka emang pantas didengarkan jika Anda mencari alternative lagu yang “termehek-mehek” tapi dengan soul dan sound yang berbeda. Ada kekurangan sih, terutama di vokalnya yang pronoun session-nya atau pengucapan bahasa inggrisnya agak aneh…jadi kayak semacam brit-pop malah lagu Pippet yang berhasa inggris. Heehehe…

Salah satu salut kepada mereka adalah keyakinan mereka dalam main musik, terhitung sejak 2003an mereka udah nge-band, berganti-ganti personel, tapi tetap semangat sampai sekarang. Semoga ini langkah awal kesuksesan mereka, karena lagu mereka termasuk laku dijual tapi masih ada idealis musiknya, hanya saja jangan sampai membuat lagu hanya karena cuma melihat pasar alias jangan sampai terjebak pasar.

Salah satu keyakinan saya di tahun-tahun ke depan adalah pasar semakin jenuh dengan musik Pop. Selain itu ada tambahan juga mengutip produser Atlantic Record dalam film “Ray” yang diucapkan pada Ray Charles, kalo kamu gak berbeda dengan yang lain (musik), apa yang akan kamu jual?! Karena ini dunia industri musik, bukan dunia seni musik. Salut untuk Pippet, keep on write your song!

Kalo ada band yang lagunya mau direview sama pengamat musik amatiran seperti saya ini (karena komentar saya gak menghasilkan duit!hehehe), silahkan kirim demonya ke alamat rumah saya atau email saya. Pandangan orang yang asing alias tidak kenal dengan bandnya atau personil band itu lebih objektif lho! Hasil reviewnya juga saya tampilkan diblog ini sekaligus CP band kamu akan saya masukin di posting list CP band-band Indonesia yang saya punya dan selalu saya update, berarti kamu sejajar dengan mereka. Oiya, saya gak terima link-nya! Harus CD audio, atau file MP3 via pos atau email hehehehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s