MEMAHAMI MANAGEMENT ARTIST/BAND (Materi Management PAB UKMF Musik CAMP


“Banyak artist/band hanya memandang sebuah musik dari segi art-nya,

tanpa mau memahami market dan perkembangannya”

“Bermusik secara idealis pun harus mengerti bisnis dan pengembangannya”

Sekarang, musik bisa menjadi sebuah profesi mata pencaharian karena saat ini musik di Indonesia telah menjadi sebuah industri. Kesuksesan band/artist di industri musik semuanya pun butuh modal, baik itu financial, skill bermusik, etc. Salah satu dibalik kesuksesan itu ada orang-orang di belakang layar yang membantu mereka, adalah management band.

Apa itu manajemen band? Adalah sebuah organisasi yang mengatur atau membuat rencana segala sesuatu yang berhubungan dengan band/artist, seperti mengatur jadwal artist, kontrak, promosi, equipment artis, dll. Manajemen Band dapat disebut sebagai organisasi karena didalamnya terdapat susunan/ hierarki jabatan atau job deskripsi tertentu pada setiap orang yang bergabung dalam manajemen tersebut. Adapun beberapa susunan jabatan dan Job Deskripsinya adalah:

  1. Head Manajer : Orang yang bertugas merancang, mengatur, dan melaksanakan rencana ke depan sebuah band, dan bertanggung jawab terhadap band tersebut.
  2. Road Manajer : Orang yang bertugas membantu head manajer, mengatur segala keperluan ketika berada di venue sebuah event.dan bertanggung jawab terhadap kelancaran dan kebutuhan artis ketika melakukan sebuah pentas.
  3. Stage Manager : Orang yang mengatur segala sesuatu kebutuhan artis ketika akan pentas di panggung, dan juga bertanggung jawab pada kelancaran jalannya pentas artis dipanggung dan dibantu oleh crew equipment.
  4. Crew Equipment : Orang yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu peralatan yang digunakan oleh player band, jumlah crew tergantung banyaknya equipment yang digunakan artis.
  5. Sound Engginer : Orang yang bertugas mengatur harmonisasi sound system yang dihasilkan oleh band pada sound out panggung, maupun sound out utama. Sound engginer standartnya ada dua yaitu sound system panggung, dan sound system utama.
  6. Dokumentasi : Orang yang bertanggung terhadap dokumentasi band.

Susunan diatas merupakan adalah susunan minimal dari sebuah manajemen band. Susunan akan bertambah jika intensitas manggung band semakin tinggi dan semakin terkenal, dan juga job deskripsi juga semakin banyak. Misalnya, Stylish, Fans Club, Public Relation, IT Manager, Legal Affair, etc.

Dalam sebuah manajemen, Head Manajer atau orang bisa menyebut dengan manajer menjadi orang yang paling bertanggung jawab terhadap kemajuan artis. Kemajuan artist tidak hanya diukur dengan banyaknya band manggung, namun salah satunya juga diukur dengan dikenalnya band melalui berbagai bentuk media, seperti stiker, poster, social network, website,dll. Mengenai jumlah honor manager band yaitu antara 25% s/d 30%, itu diambil dari setiap event yg di dapat dari artis yang bersangkutan. Seandainya saja sekali manggung si artis itu misalnya dibayar 5 juta, berarti manager dapet 1,25jt. Kalau misalnya sebulan artis dapat 4 kali manggung. Berarti manager dapat bagian 5 juta. Itu kalau sekali manggung 5 juta, kalo lebih? Lebih banyak lagi dong!

Nah, salah satu bentuk kerja management dalam menangani band indie supaya bagus adalah dengan didukung dengan manajemen yang bagus, yang bisa berperan di belakang layar demi keberhasilan band tersebut. Manajemen memegang peranan penting buat si band, dan manajemen sebaiknya membuat timeline kerja dan target yang ingin mereka raih. Misalnya, target pertama adalah membuat si band menjadi dikenal orang dalam 1 tahun. 6 bulan mereka mencari job dibayar maupun tidak dibayar. Lalu 6 bulan berikutnya diselingi lagi dengan merekam lagu-lagu mereka.

Setelah materi sudah siap dan band tersebut ingin mengeluarkan materinya sendiri, bikin target lagi, dengan anggapan mereka sudah lumayan dikenal orang, bikin promosi untuk album. Tentuin single pertama. Kalau ada video clipnya lebih bagus lagi. Tentukan target berapa lama single pertama ke single berikutnya. Misalnya 3 bulan. Maka sebelum single pertama harus sudah konsen untuk promo single pertama tersebut. Pergunakan jalur-jalur yang dikuasai. Misalnya lewat jalur internet massanya dah banyak, pakai jalur itu. Sambil ini berjalan, manajemen mulai mikirin buat single berikut biar momennya tetep ada buat si band untuk tetap berkibar di mata dan telinga penikmat musik…hehehe.

Jangan takut buat minta wawancara ke media2x. mereka pasti mau bantuin kok (walaupun ada ada yang langsung minta bayaran). Kalau gak kenal, kenalan aja. Trus minta interview atau review album. Lagipula gak ada salahnya menambah kenalan. Dan kalau main gak dibayar, atau dibayar tidak dengan harga biasanya, kalau itu masih dalam masa promosi sih gak papa, karena kita juga sedang mempromosikan band untuk menjadi lebih diketahui banyak orang, jadi bisa dibilang itulah harga yang didapat supaya kita dikenal orang.

Bisa juga kalau misalnya ada acara tapi kita gak dapat bayaran, tapi kita bisa meminta sesuatu yang lain sebagai pengganti uang. Dalam setiap follow up event, seharusnya si manajer bisa punya bargain yang lebih kuat lagi. Cari tahu dulu itu acara apa, buat siapa, tujuannya apa, acaranya pakai tiket apa gak, dsbnya. Manajer kan bisa minta spot untuk jualan merchandise band di tempat acara, nama band ditaro dengan ukuran yang ‘manusiawi” di poster, flyers, x-banner, baliho, atau media promosi-promosi lainnya si pembuat acara. Bisa juga kalau si pembuat acara kerja sama dengan media-media cetak, radio, tv, internet, si manajer minta supaya bandnya di ekspos di media-media tersebut, diwawancara, atau apa gituh.

Pokoknya si manajer harus berusaha supaya si band itu merasa diuntungkan, jadi si band bisa melupakan rasa capek karena manggung gak dibayar terus, tapi tetep harus keluar buat duit latihan dan bensin, tapi bisa puas karena ada hasilnya karena bisa muncul di media-media. Jadi, kalau ada dalih ”namanya juga band indie”, jangan mau terima itu, karena bakal ngerugiin si band sendiri, that’s just an excuse man! Disitulah saatnya manajer lo harus maju dan membela band kamu.

Mengenai media promosi, sebuah band yang masih baru harus bisa memanfaatkan apa yang ada. Misalkan, karena promosi di media cetak/radio/televisi terlalu mahal, karena biasanya band/artist disuruh membayar karena konteksnya adalah berjualan. Seorang manager pun harus bisa memandang peluang atau meng-akali cara berpromosi yang tidak menghabiskan biaya terlalu banyak. Misalnya adalah memanfaatkan media internet. Di Internet banyak sekali media yang cocok untuk promosi band dan free, seperti social network (Facebook, Friendster, Plurk, Twitter, Myspace, Multiply, Imeem, Youtube), atau official website.

Penggunaan official website dengan domain sendiri adalah untuk menunjukkan image dan kualitas sebuah band agar daya tawar band dimata penikmat musik atau pengguna jasa band/artist (Event Organiser) menjadi lebih. Penggunaan internet untuk media promosi adalah salah satu bentuk dari Viral Marketing. Viral lebih dikenal sebagai metode penyebaran pesan dengan menggunakan teknologi, baik itu internet maupun mobile. Viral erat kaitannya dengan konten. Jika seseorang menerima e-mail atau pesan SMS dari kenalan dan dinilai bermanfaat pula untuk rekan-rekannya, maka dia dapat mengirimkan konten serupa itu ke e-mail atau SMS kerabatnya. Proses penyebaran konten inilah yang dikenal dengan istilah viral.

Menjadi seorang manajer tidaklah sulit, asalkan mau belajar, belajar melalui buku maupun teman. Seorang manajer gak harus kaya atau punya banyak kenalan atau jaringan, namun dia harus punya visi dan misi, sikap mau bersosialisasi, bisa bernegosiasi, tahan banting, mau menerima kritik membangun, dan suka dengan musik dari band itu mutlak diperlukan dari seorang manager band. Tulisan diatas mungkin hanya bisa menjadi pembuka bayangan tentang manajemen band, untuk selanjutnya mari belajar bareng-bareng!!!

Referensi bacaan:

1. Buku How To Make Music Your Business, David Elfson

2. http://widiasmoro.multiply.com

3. http://www.thedyingsirenes.com

6 thoughts on “MEMAHAMI MANAGEMENT ARTIST/BAND (Materi Management PAB UKMF Musik CAMP”

  1. lam kenal mas faiz.saya memiliki sebuah band na karya sendiri.n kami memiliki inpian tuk menjadi musisi ternama di dunia music.namun kami belum memiliki management music.kami harap mas faiz bersedia menbantu n memberikan saran pada kami.agar band dan karya kami dapat membuming n exsis.hormat saya apriyadi.085319335627

  2. bro ijin bookmark tulisannya ya, ane mau bikin skripsi tentang manajemen band. mudah-mudahan tulisan bisa ngebantu gue bikin skripsi :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s