Menangani Bisnis Online di Kaskus


Apa kabar kawan!? lama tak menulis disini…

Sepertinya kesibukan saya  ternyata kadang menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kegiatan saya dalam menulis. Salah satu yang terlihat jelas ya produktifitas saya blogging. Aneh menurut saya, soalnya saya sering memperkenal kan diri saya kepada murid saya kalo saya adalah blogger. Realitanya, padahal saya saat ini lebih sering ngaskus alias maen dan nyampah di kaskus di kaskus :nohope :)

Oh iya, seperti saya sudah menceritakan kan kalo main job saya sekarang sudah tak lagi aktif sebagai free marcomm di salah satu perusahaan, tapi saat ini saya adalah seorang GURU BIMBINGAN DAN KONSELING, dan saya bangga akan hal itu. Lha wong saya jadi guru karena saya ketrima CPNS di Kota Jogja jeh :)… :nohope :)

Diluar saya sebagai guru, saya juga masih aktif sebagai Booking Agent Kontak Band Artis Indonesia di kontakbandartis.com. Ini adalah salah satu side job saya sebagai guru :hammer :D. Selain itu juga, saya juga aktif sebagai kaskuser hehehe… Menjadi Guru, apalahi Guru BK dan ngaskus ternyata memberikan keuntungan tersendiri. Pasalnya, sangat jarang ada Guru BK yang ngaskus. Kalo guru bidang studi mungkin banyak :). Saat ini, total sudah ada 2 id kaskus saya yang ISO. Artinya, saya punya klonengan :D. Awalnya cuma untuk sekedar bisa barter cendol biar cendol saya berderet banyak, tapi dalam perkembangan ternyata malah dapat menghasilkan duit :)..kok bisa!?

Oke saya ceritakan, kurang lebih awal januari lalu, kebetulan saya mulai memantau aktivitas jualan kakak saya yang berjualan di kaskus. Saya..eh, aku aja ya :)…aku melihat sepertinya lapaknya tidak sangat menarik. Terlihat acak-acakan, akhirnya..saya menawarkan diri menjadi online shop keeper lapak kakak ku..so pasti, tidak gratis lah..pasalnya, paket shop keeper yang saya, aduh ngulang lagi nih, tawarkan ke kakak saya juga menjadi marcomm consultant, alias saya juga manangani promosi yang ada di lapak kakak ane..hadeh, bahasa kaskus nih :nohope :).

Selanjutnya, akhirnya saya menangani lapaknya, kurang lebih 80% lapaknya berubah total, mulai dari tampilan gambar yang lebih tertata rapi, trus dengan tampilan font huruf yang lebih catchy, akhirnya ternyata buyer alias customer meningkat 50%. Wah..ini sepertinya menjadi tanda-tanda positif kalo sepertinya side job ini lumayan menjanjikan untuk menambah uang  jajan tambahan tabungan pernikahan :). For the record, saya sudah sejak 2008 ngaskus lho :) :nohope

Setelah lapak berubah, akhirnya mulailah otak marcomm ku. Saya berusaha menganalisis perkembangan penjualan 3 bulan terakhir. Ternyata memang tidak terlalu menarik jumlah penjualannya, berarti analisisku sangat benar. Tampilan lapak di kaskus mempengaruhi penjualan, sepertinya ini bisa juga berpengaruh pada setiap barang yang dijual di kaskus. Setelah di analisis, akhirnya ada beberapa konsep promosi yang saya gunakan, mungkin tidak baru sih, sudah banyak yang melakukannya, adalah dengan memberikan bonus Good Reputation alias cendol. Dan, know what!?..penjualan meningkat 100%..wow..amazing :nohope

Oke deh..setelah konsep bonus cendol berjalan, muncul konsep lain..yaitu dengan mengedukasi tentang kaskus. Alias memberikan image yang baik ketika berjualan di kaskus, yaitu dengan memberikan bonus stiker :). Menurut ane, hehe bahasa kaskus lagi, memberikan merchandise kaskus adalah salah satu cara memberikan image positif tentang kaskus. Dimana lagi sih bisa dapat stiker kaskus selain di kaskus. Kalo beli di pinggir jalan, berarti kan gak kaskus banget kan gan! :)

Dengan memberikan bonus cendol dan stiker ternyata sangat meningkat dan mempertahankan penghasilan lapak tetap meningkat 100% dari ketika lapak belum ane pegang :D. Dan, tak hanya itu saja, konsep promosi eksistensi juga saya terapkan disini, yaitu dengan mensupport setiap kegiatan kaskus atau kelompok yang ada dikaskus. Atas nama lapak kakak ku, aku sudah mencoba mensupport beberapa kegiatan off air komunitas yang ada dikaskus. Nah, menurutku, dengan support kegiatan seperti ini menjadi salah satu social responsibility lapak online, terutama yang ada dikaskus. Bagaimanapun juga, jika sebuah toko online tidak mendukung sebuah kegiatan sosial, dia pasti tidak akan memiliki ikatan tertentu dengan suatu komunitas. Komunitas bisa menjadi salah satu supporting moral dalam perkembangan lapak dan penghasilan lapak tentunya :).

Oke..sampai disini saya bercerita, besok-besok saya lanjut lagi :)

2 thoughts on “Menangani Bisnis Online di Kaskus”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s