Distribusi Single Via Email Pongki (eks Jikustik), Nothing To Lose Project atau Teknik Marketing Baru?


Sekedar berbagi lagi nih. Beberapa hari yang lalu, saya sempat membaca salah satu twit Pongki Barata (eks Jikustik) @pongkibarata, isinya di link ini

Hi all! Mau lagu baru duet sy dgn @sophieNavita ? Send email ke stayclosesong@yahoo.com ,judulin #stayclose okeeewww ditungguuw

Sekedar iseng, akhirnya saya kirim email yang disebutkan dan subject emailnya sesuai dengan twit Pongki. Dari awal melihatnya twit itu, pikiran saya kebayang apakah ini hanya sekedar project untuk menunjukkan eksistensi karya-karyanya?! Tak berapa lama, email saya dibalas, dalam email tersebut ada 2 attactment file gambar lirik dan file MP3 lagunya yang berjudul “Stay Close”.

Dari balasan itu, ada yang membuat saya membuat kesimpulan lagi, berikut isi emailnya:

Halooo,
Apabila kalian menyukai karya kami ini, dan ingin terus melihat dan mendengarkan karya karya kami selanjutnya, maka anda bisa ikut berpartisipasi. Mau tau ?
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa industri musik sekarang telah mengalami banyak perubahan. Penjualan CD yang menurun dan RBT yang tidak bisa lagi diandalkan, membuat kami para seniman harus berpikir lebih kreatif lagi untuk terus bisa memproduksi karya karya musik kami tanpa memberatkan penikmat musik kami.  Seperti yang kita tau dalam sebuah karya musik, banyak sekali pihak yang terlibat, dari mulai pencipta lagu, musisi, sound engineer, produser, arranger bahkan sampai penjaga studio dimana kami rekaman juga sangat berperan. Dan semuanya memerlukan pembiayaan yang tidak sedikit.
Maka dari itu saya menggunakan sistem baru ini , dimana Anda pun bisa ikut berperan tanpa memberatkan.
Apabila anda menyukai lagu ini, please donasikan BERAPAPUN yang anda pikir layak dan bisa untuk anda donasikan. Seandai-nya  anda tidak ber-donasi-pun tidak apa apa. TIDAK ADA PAKSAAN. Lakukan lah sesuai kata hati nurani anda. Saya yakin cara ini bisa membantu industri musik Indonesia. Hasil donasi anda nanti akan bisa dipakai lagi untuk memproduksi karya karya kami selanjutnya. Sekali lagi, semua ini TANPA PAKSAAN : ) berapapun donasi anda, kami terima dengan senang hati.
Alamat donasi :
BCA ITC Permata Hijau 5050105808            a/n Stefanus Pongki Tri Barata
Bank Mandiri                 102.00.0464779.5  a/n Stefanus Pongki Tri Barata
God Bless You, Love..
Pongki Barata dan Sophie Navita
Yup..seperti itu emailnya. Dari email tersebut, dia menjelaskan bahwa ini adalah “SISTEM BARU” dikarenakan latar belakang yang diungkapnya “Penjualan CD yang menurun dan RBT yang tidak bisa lagi diandalkan”. Kreatifitas musisi selain dalam menciptakan lagu-lagu baru, tapi juga harus kreatif dalam distribusi.
Bayangan saya, sebetulnya kalo hanya sekedar mengenalkan lagu sebetulnya cara ini menurutku kurang efektif, karena malah mendingan kasih link download dan biarkan semua orang mendownload bebas. Tapi sepertinya bukan sekedar dikenal banyak orang yang diharapkan pongki, tapi dengan cara email ini sepertinya lebih terkesan personal. Karena dalam email, musisi dapat mengkomunikasikan pesan yang personal dengan harapan penerima email lebih menyadari secara individu. Tapi, apakah ini efektif?!
Secara pribadi, saya mengatakan kalo teknik mas pongki ini menurutku efektif. Karena, tujuan dari mas pongki pasti ingin pesan yang disampaikan tersebut terasa lebih personal, memang ditujukan untuk pemilik email. Seandainya mas pongki hanya sekedar membuat halaman di website dengan kalimat seperti yang ada di email, menurutku pendownload akan pasti gak akan membaca, yang diinginkan pasti hanya lagunya saja. Dan, gak akan bikin ribet untuk membalas setiap email.  Tapi, kalo misal pesan itu dimasukkan dalam 1 folder winrar yang didalamnya ada judul “harap dibaca” sepertinya juga akan dibaca. Tapi sekali lagi, tidak kerasa “personal” pesan itu.
Teknik atau “SISTEM BARU” yang digunakan oleh mas pongki ini bisa menjadi salah satu teknik marketing baru dalam distribusi single lagu. Sebetulnya, ada beberapa teknik yang saya salut selain teknik mas pongki ini, yaitu teknik distribusi band indie jakarta “Everybody Loves Irene”. Band tersebut ketika mengenalkan singlenya dengan teknik bluecasting. Yaitu distribusi lagu melalui bluetooth yang dimiliki HP. Wow itu salah satu teknik yang pertama kali saya angkat topi. Sederhana tapi lebih WOW..hehe..tapi sayangnya tidak ada pesan yang disampaikan..hanya sekedar mengenalkan lagunya.
Over all, dengan adanya pesan dari email itu, secara pribadi saya jadi mau untuk mendonasikan semampu saya untuk sebuah lagu itu. Harapan saya sih semoga ini efektif, dan sukses untuk project ini :)

One thought on “Distribusi Single Via Email Pongki (eks Jikustik), Nothing To Lose Project atau Teknik Marketing Baru?”

  1. Miris ya dengan perkembangan musik Indonesia yg gak jelas bentuk, arah & tujuannya? Sementara di luar negeri kaset,video,cd,mp3,mp4 tetap bisa eksis beriringan dan si musisi beserta org2 yg berperan di dalamnya tetap bisa eksis,berkarya&hidup dari bermusik,justru disini berbeda. Musisi seperti seakan kehilangan mata pencahariannya. Pembajakan,tutupnya toko kaset,cd dan byk lagi. Sampe2 sorg Pongki “terpaksa” harus minta donasi ke pendengarnya. Runtuhnya dunia musik Indonesiakah saat ini???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s