APLIKASI TEORI ANALISIS SWOT DALAM ORGANISASI


Apa itu Teori Analisis SWOT?

            Teori Analisis SWOT adalah sebuah teori yang digunakan untuk merencanakan sesuatu hal yang dilakukan dengan SWOT. SWOT adalah sebuah singkatan dari, S adalah STRENGHT atau Kekuatan, W adalah WEAKNESS atau Kelemahan, O adalah OPPORTUNITY atau Kesempatan, dan T adalah THREAT atau Ancaman. SWOT ini biasa digunakan untuk menganalisis suatu kondisi dimana akan dibuat sebuah rencana untuk melakukan sesuatu, sebagai contoh, program kerja.

SWOT untuk organisasi

            Dalam sebuah organisasi biasanya setiap awal periode kepengurusan akan dilaksanakan pembuatan rencana program kerja, untuk itu biasanya akan dilakukan sebuah analisis kondisi mengenai suatu organisasi tersebut. Analisis SWOT biasanya dicantumkan dalam GBHK (Garis-garis Besar Haluan Kerja) yang menjelaskan tentang kondisi lingkungan organisasi baik kondisi internal maupun external.

Analisis SWOT ini merupakan sebuah “penyelidikan” tentang situasi dan kondisi dalam suatu lingkungan. Contohnya adalah:

“Ada sebuah organisasi yang akan membuat program kerja, untuk itu mereka harus tahu tentang kondisi organisasi mereka dan lingkungan dimana organisasi itu berada. Untuk itu mereka melakukan analisis SWOT, pertama S, yaitu dengan mengetahui kekuatan organisasi –dalam hal ini, kekuatan bisa diartikan sebagai kondisi yang menguntungkan untuk organisasi- tersebut. Misalnya, pengurus yang setia terhadap organisasi, atau kas organisasi yang banyak, dll. Kedua W, yaitu dengan mengetahui kelemahan organisasi –dalam hal ini, kelemahan bisa diartikan sebagai suatu kondisi yang merugikan untuk organisasi- tersebut. Misalnya, kondisi anggota yang tidak aktif, dana yang tak ada, dll.

           

Ketiga O, yaitu dengan mengetahui kesempatan organisasi – dalam hal ini bisa diartikan sebagai suatu hal yang bisa menguntungkan jika dilakukan namun jika tidak diambil bisa merugikan, atau sebaliknya. Misalnya, sumber dana ada bila diminta. Keempat T, yaitu dengan mengetahui ancaman organisasi – dalam hal ini bisa diartikan sebagai suatu hal yang akan menghambat atau mengancam selama perjalanan kepengurusan. Misalnya, banyak pengurus dan anggota yang tidak aktif.

           

Setelah dilakukan analisis SWOT maka jadi mengetahui kondisi nyata apa yang terjadi di lingkungan internal dan external organisas, maka dapat mulai membuat rencana program kerja yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan dan mampu untuk dilaksanakan oleh pengurus tersebut.”

Tulisan ini adalah sekedar pembuka untuk memulai diskusi kita dalam acara training ini. Mari berdiskusi

Di dukung oleh Jam Tangan CasioJam Tangan Seiko

45 thoughts on “APLIKASI TEORI ANALISIS SWOT DALAM ORGANISASI”

  1. salam kenal mas,saya mau tanya apakah SWOT bisa diterapkan dlm membedah strategi periklanan…misalnya ada acara yg akan diselenggarakan oleh satu EO dgn mendatangkan tokoh komik seperti marvel…yg saya mau tanyakan apakah bisa digunakan pd kasus trsbt

  2. Bisa, dalam setiap hal kan pasti ada nilai SWOTnya….kita tinggal mengurai SWOT itu dari kasus tersebut..S-nya apa? W-nya apa? O-nya apa? dan T-nya apa? ya kan? gak usah saya detailkan ya..,pasti Anda juga sudah pahamkan!
    jumlah dana, daya tarik tokoh, tempat, tenaga yang mengadakan, kompetitor event, merupakan beberapa hal yang bisa diurai dari kasus itu….dankita juga harus memperhatikan mana yang akan kita mau dari analisis swot itu!

  3. slm kenal bang ?
    mngkn stelah sebuah rencana kita SWOT n kita tau masalhnya yang terjadi . setau gue kita ambil dari kelemahaan ?(weknes)?
    knapa kita ambil dari kelemahaan krna konsep dari swot itu sendiri kelemahan kita jadikaan kekuatan|||||setelah kita dapati hasilnnya langkah selanjutnnya kita buat MATRIK PROGRAM
    trus stelah itu baru masuk ke SKALA PRIORITAS ????ya kan mngkn ni setahu gue jadi dari skala pioritas yang ada langkah2 KITA DALAM PELAKSANAAN KEGIATAAN MAUPUN ORGANISASI LEBIH BAEK N lebih terkonsep dng baek,
    MNGKN YANG DIHARAPKAN DARI DISKUSI YANG MAS BUAT INI DARI TEMEN2 PINGINNYA SEPERTI INI,SAYA TAU JELAS GAK MNGKN KLO KITA URAIKAN SWOT PANJANG LEBAR DI SINI KARENA JELAS GAK MUNGKIN
    KARENA UNTUK PELATIHAANNYA SAJA KITA INTENSIF KETEMU BISA 3- 4 HARI .
    klo hanya swot sja kita hanya bisa tau tentang sumber masalahnnya ya kn mngkn temen2 yang laen pingin lebih banyak tau tentang swot itu sendiri,jadi tidak secara global penjelasannya ?ini cuman masukan buat mas .

    pada intinya dari swot itu sendiri kelemahan kita jadikan kekuataan .
    MHON MAAF APABILA ADA SALAH 2 KATA
    siip thanks
    gue suka dengan sprti ini
    lanjut terus n sukses sllalu
    EMAIL :ARY_dERIS@YAHOO.COM

  4. Slm knl dr saya mas??
    saya mo nnya sdkit tntang SWOT,eemm…misal didaerah atau disebuah kmpung pstiny ada organisasi bg remaja kan?nah yg pngen q tnyakan apakah SWOT bs diterapkan di dlm organisasi remaja tsb?spy remaja bs trs maju dan brkembang mjd pemuda yg brguna di lngkunganny!?

  5. mas, salam kenal…
    maap ne sblmx, apa yg aq tulis keluar dari topik yg sdg di bahas…
    gn mas, aq rcnx mau buat satu organisasi yang bergerak dibidang sosial, kt udah rumuskan visi,tp aq bingung dalam menentukan misix…trus gak ngerti teknisx gmn? itu yg pertama ..
    yang kedua mas, gmn cara menentukan tupoksi untuk masing2 SOTK yg udah terbentuk?
    yang trakir..gmn korelasi antara tupoksi dan rencana kerja? aq pengen tau teknisx mas…bingung cara mbuat gmn….
    saran jg,emmm mgkn mslh ini di angkat jadi topik baru untuk di bahas…;>
    tlg dibantu ya mas….

  6. salam, kenal dari passion ntuk anda
    Sudah begitu banyak metode analisis yang ada dalam pengambilan keputusan. Sampai sejauhmana keunggulan analisis swot.
    Thank’s

  7. Mas,mohon penjelasannya beda antara penentuan bobot dan rating dalam analisis SWOT saya pernah baca buku rangkuty tapi masih belum mudeng,terus kenapa untuk kelemahan dan ancaman semakin besar kelemahan atau ancaman pada suatu organisasi ratingnya malah diberi rating 1,padahal kan prioritas kebijakan kita tentukan berdasarkan hasil perkalian antara bobot dan rating nya (total skor),sehingga total skor untuk ancaman/kelemahan yang besar akan lebih kecil dibanding dengan kelemahan/ancaman yang rendah, hal ini akan berimplikasi terhadap rangking/prioritas kebijakan yang akan kita tentukan,mohon penjelasannya tks

  8. Ada yang kurang dalam tulisan ini, yakni tentang ejaan kepanjangan dari SWOT. Kalau bisa nanti di revisi kembali demi sempurnanya referensi pendukung ini. Thanks.

  9. assalamu’alaikum mas…….
    lam kenal jg dari aq.
    mas, aq lagi ngerjain proposal skripsi neh.
    aq paham maksud SWOT nya,
    tapi aq ga’ ngerti untuk menentukan bobot n’ skoring nya.
    tolong dibantu ya mas, thx,,,,,

  10. salute for you

    bisa dibantu mas , andaikata saya diangkat menjadi kepala dinas pendidikan dan kebudayaan . Dan diserahi tugas untuk mengembangkan seni dan budaya tradisional apa yang saya lakukan ?
    makasih sebelumnya….

    salam

    rachmanto_zein2yahoo.com

  11. Sangat jelas penjelasannya…
    Mohon Kiranya ditampilkan Analisis SWOT yg di mulai dari masalah, Analisis menggunakan SWOT, alternatif2 yang memungkinkan, strategi yang bisa dilakukan teruz kebijakan/program yang terbaik untuk memecahkan masalah…

    agar lebih bisa dan mudah memahami mendalam…

  12. saya pernah belajar dari kuliah dalam SWOT itu pertama-tama identifikasi IFAS dan EFAS khusus pada bidang tertentu contohnya kepada depaertemen keuangan menentukan IFAS dan EFAS dari sudut padanag keuangan . contoh biaya promosi.
    setelah semua didaftar dalam tabel EFAS dan IFAS, dibuat tabel rating dan bobot. setelah semua EFAS dan IFAS, diambil yang bobot-bobot signifikan, setelah itu dibuat matrix persilangan seperti persilangan waktu biologi huum mendel itu. setelah itu dicari alternatif solusi yang berasal dari kombinasi silang EFAS dan IFAS. setelah persilangan, dibuat bobot tiap kkombinasi yang melahirkan startegi ST,SO,WT dan WO.
    setelah itu dibuat diagram cartesius di mana sumbu X diganti S dan W. sumbu Y diganti T dan O. lalu diletakkan nilai dari matris silang. dicari koordinat S dan T. lalu dihubungkan dari sumbu O. yang paling panjang itulah plan A, lalu plan B dan plan C.

  13. salam kennal mas…
    saya mau tanya..saya mau buat makalah tentang Sales & Marketing Produck Telkomsel…saya ingin menggunakan Analisi SWOT…bisa bantu saya mas, kira2 konsep yg tepat gimana ya???tolong dibantu ya mas????thanx b4

    regards,

  14. hy….
    aQ Liza!!! ingin tanya nie???
    apa sih guna nya b’gbung dalam organisasi SWOT…
    aQ jg Ingin tau lbih bnyak tntang SWOT.

    MKSIH

  15. trimakasih ni mas,,sedikit membantu ttg materi analisi SWOT yg masih blm begitu sy pahamin :)
    kebetulan skripsi yang mau saya ambil berkaitan dengan Analis SWOT managment sebuah redaksi..tapi masiih pusing mas,, blm paham betul ttg analisis SWOT ini..
    infonya lagi donk mas.. :) Tq.

  16. slam kenal dari saya.oya mas pada ssat ini saya bnar2 ggi bingung coz saya sedang da tugas kuliah wat menganalisa program kerja suatu organisasi dengan menggunakan analisis SWOT yang jd permasalahan wat saya yaitu saya belum terlalu faham mengenai analisis SWOT tersebut,low bisa uraiannya lebih menditail lagi.
    makasih ea mas.good luck:)

  17. aq sherly..
    mau tnya penerapan analisis swot dalam proposal itu bagaimana y?
    analisis swot di proposal itu di bagian mana?

    THX very much…

  18. bagaimana aplikasi analisis SWOT dalam menentukan strategi peningkatan kualitas pelayanan perizinan pada kantor pelayanan perizinan terpadu …???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s